PT CIS Bakal Hadapi Class Action Karena Beroperasi Tanpa Izin

Paluta, Nusantaraterkini.com– Gerakan Mahasiswa Padang Lawas Utara (Gema Paluta) akan melakukan gugatan Class Action, menggugat pabrik kelapa sawit PT Cahaya Inti Sawit (PT CIS) yang berlokasi di desa Kosik Putih, Kecamatan Simangambat yang beroperasi selama bertahun-tahun tanpa memiliki izin.

Sebelumnya, pada hari Senin (5/4) lalu berdasarkan surat Bupati Kabupaten Padang Lawas Utara Nomor: 180/1496/2021 tentang Pemberitahuan Penghentian Operasional Pabrik, PKS PT CIS disegel dan dihentikan pengoperasiannya.

“PT CIS selama ini telah melakukan perbuatan melawan hukum, beroperasi tanpa memiliki izin,” kata Ketua Gema Paluta, Julpian Harahap kepada wartawan Nusantaraterkini.com di Gunung Tua.

Julpian menyebutkan, selama beroperasi PT CIS telah mendapatkan keuntungan, akan tetapi Pemkab Paluta dan masyarakat desa kosik putih tidak pernah menerima keuntungan seperti pajak, retribusi, CSR dan lain-lain.

“Malahan yang didapatkan masyarakat Paluta adalah hal negatif seperti pencemaran lingkungan alam, polusi udara, kerusakan jalan dan sebagainya,” ujarnya.

“Oleh karena itu, kami akan melakukan gugatan class action agar nanti pihak PT CIS memenuhi atau mengeluarkan kewajibannya terkait masalah tersebut,” tandasnya. (AYH)

Rekomendasi

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.