PSI Serukan Seluruh Kader Melakukan Pemeliharaan Pohon

NUSANTARA TERKINI.Com – Dalam rangka hari Gerakan Satu Juta Pohon yang diperingati setiap tanggal 10 Januari menurut Juru Bicara PSI bidang Lingkungan Hidup, Mikhail Gorbachev Dom, adalah momentum untuk melakukan pemeliharaan pohon.

“Kami bulan November 2020 merayakan Ulang Tahun Partai dengan melakukan Aksi selama 6 hari Menanam Pohon, untuk itulah saat ini adalah momentum melakukan pengecekan dan pemeliharaan terhadap pohon yang kami tanam itu.”Ucap Bro Gorba minggu (10/01/2021).

Pasalnya, menurut penelitian tentang aksi penanaman pohon selama ini, hanya 9% pohon yang ditanam saat aksi yang tumbuh subur, bahkan setengahnya tidak tumbuh, atau mati setelah ditanam karena aksi penanaman pohon tidak pernah disertai dengan pemeliharaan.

“Salah satu kelemahan aksi tanam pohon adalah tidak adanya pemeliharaan, PSI tidak mau seperti itu, karena itu dari awal saya minta 6 hari menanam pohon bukan hanya gagah – gagahan menanam banyak pohon, tapi harus juga dijaga setelahnya, jadi walau hanya tanam satu pohon tidak apa juga, asal dirawat,”tutur Bro Gorba, panggilan akrabnya.

Pemeliharaan pohon menurut Gorba, idealnya dilakukan 3 bulan setelah aksi penanaman, maka sudah layak bulan Januari 2021 ini para kader PSI seluruh Indonesia yang melakukan aksi tanam pohon pada bulan November 2020 meninjau kembali pohon yang mereka tanam.

“Saya meminta kader yang dulu melakukan 6 hari menanam pohon untuk datang kembali ke lokasi mereka menanam pohon, beberapa sudah melaporkan kondisi pohon, seperti PSI Tangsel melaporkan pohon yang ditanam di Ciputat dan Pamulang dalam kondisi baik dan subur.”tukasnya.

Ia menjelaskan, Pemeliharaan pohon lebih sulit dari sekedar menanam pohon.”Pohon itu mahluk hidup, jadi setelah ditanam dia harus dirawat,”Gorba menegaskan, Saya pikir semua orang bisa saja mencangkul tanah lalu menanam pohon, yang lebih sulit itu merawat pohon, perlu komitmen, jadi saya ingin mengajak semua kader PSI tidak hanya tanam, tapi setiap 3 bulan sekali dilihat pohonnya,

“Dibersihkan sekeliling pohonnya biar pohon dapat tumbuh dengan subur, menjaga pohon yang sudah ditanam sama pentingnya dengan menanam pohon baru, apalagi pohon baru yang ditanam belum tentu tumbuh nantinya.”tuturnya

Gorba mengajak khalayak ramai, Untuk memelihara pohon yang ada di sekitar mereka, bagi masyarakat yang ingin ikut merayakan hari satu juta pohon, kalau tidak ada bibit untuk menanam, bisa juga melakukan pemeliharaan terhadap pohon yang ada di sekitar tempat tinggal mereka,himbaunya.

Agar pohon yang ada itu tumbuh lebih subur, dan tentunya lebih maksimal juga memberikan jasa lingkungan kepada kita, seperti oksigen dan membantu penyerapan air tanah dangkal”tandasnya.

Biro Tangerang Raya : Rohman

Rekomendasi
Loading...

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.