Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494

Presiden Jokowi Resmikan Monumen Kapsul Waktu, Ini 7 Mimpi Bangsa Indonesia

NusantaraTerkini.Com, Papua – Presiden Joko Widodo berkesempatan meresmikan monumen kapsul waktu yang terletak di jantung kota Merauke, Papua, Jumat (16/11).

Monumen yang dibangun di atas lahan 2,5 hektar dengan lebar 17 meter, tinggi 8 meter dan panjang 45 meter ini digagas Presiden Joko Widodo sejak tahun 2015.

Kapsul waktu berisi tulisan-tulisan impian dan harapan seluruh rakyat Indonesia yang dibawa oleh Tim Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 dari Sabang sampai Merauke.

Kapsul akan disimpan di Monumen Kapsul Waktu dan nantinya kapsul akan dibuka oleh generasi penerus bangsa pada tahun 2085 (70 tahun kemudian sejak 2015).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi juga menyebutkan ada 7 mimpi anak bangsa dari 34 Provinsi yang ditulis dan disimpan dalam Kapsul waktu tersebut.

“Pertama, SDM Indonesia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia. Ke (2), masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme kebudayaan riligius dan menjunjung tinggi nilai – nilai etika. Ke (3), Indonesia sebagai pusat pendidikan teknologi dan peradaban. ke (4), masyarakat dan aparatur yang bebas dari Korupsi. ke (5), membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesi. Ke (6), Indonesia sebagai negara yang mandiri dan negara berpengaruh di Asia Pasifik. dan (7) Indonesia sebagai barometer pertumbuhan ekonomi dunia,” jelas Presiden Jokowi.

Kata Presiden ke 7 mimpi akan terwujud jika semua elemen bangsa mau bekerja sama, bersatu, maka bukan mustahil akan menjadi negara yang besar berbudaya dan bermartabat dan dihormati negara lain di dunia.

“Mimpi ini bukan pekerjaan satu generasi, tetapi pekerjaan beberapa generasi dan ingat tidak ada pekerjaan yang instan dan ini kerja bersama kita untuk Indonesia maju, bukan Indonesia mundur apa lagi Indonesia bubar,” tutup Jokowi sebelum melakukan peresmian monumen kapsul waktu tersebut.

Monumen tersebut disebut-sebut, menggabungkan unsur kearifan lokal dan modern. Mempunyai disain futuristik dan bila dilihat dari udara tampak menyerupai logo pahlawan “The Avengers”. (Fn/Jayapura)

Redomendasi
Comments
Loading...