Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Prasasti TMMD Reguler Banyumas Spot Baru Berfoto di Curug Nangga

Loading...

Banyumas – Prasasti TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, yang berada di ujung jalan beton hasil TMMD 1,8 kilometer lebar 3,75 meter, atau di pelataran parkir Obyek Wisata Curug Nangga, Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kini menjadi spot baru selfie atau berfoto.

Raminah (54), wisatawan lokal Banyumas asal Desa Semedo RT. 03 RW. 04, Kecamatan Pekuncen, mengaku senang dengan adanya bangunan baru karya TNI di tempat parkir air terjun tingkat tujuh itu.

“Senang dan bagus ada tugu ini untuk berfoto, karena warnanya mencolok. Terima kasih TNI karena telah membangun jalan menuju Curug Nangga sehingga para wisatawan tidak usah lagi jalan kaki 2 kilometer dari tempat parkir di Desa Petahunan,” ujarnya mengapresiasi, Selasa (4/8/2020).

Menurutnya juga, kehadiran bangunan itu telah menjadi ajang pamer bagi saudara-saudara mereka yang merantau di luar kota, yaitu Curug Nangga kini sudah berubah mempunyai jalan beton baru. Jelas mereka juga ingin viral di medsos karena telah datang ke Curug Nangga.

Terpisah disampaikan Dandim Banyumas/mantan Dansatgas TMMD Reguler 108 Banyumas, Letkol Infanteri Candra, SE, M.I.Pol, bangunan itu memang dijadikan ikonik karya TNI dan gabungan segenap unsur dan masyarakat setempat selama satu bulan pembangunan jalan, 1 unit jembatan 6 x 2,3 meter, 3 unit gorong-gorong, dan juga sejumlah talud.

“Itu adalah monumental bersejarah bahwa infrastruktur menuju Curug Nangga, dibangun dengan gotong royong segenap unsur dan masyarakat setempat, serta pengorbanan sejumlah masyarakat setempat yang merelakan sebagian tanahnya terpangkas untuk pelebaran jalan,” bebernya.

Ditambahkannya, prasasti itu juga untuk menambah estetika obyek wisata tersebut. Sedangkan penempatan di lokasi itu, menurutnya agar mudah diketahui orang banyak karena disitulah tempat pemberhentian kendaraan bermotor para wisatawan.

“Di badan prasasti itu tinggal dipasang plakat batu granit yang telah saya tandatangani bersama Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein, saat penyerahan hasil TMMD Reguler di Pendopo Si Panji Banyumas akhir Juli 2020 lalu (29/7),” tandasnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.