Praktisi Hukum : Bhabinkamtibmas Terkena Sabetan Sajam Oknum Kades Cangkareman Wajib Lapor

Nusantaraterkini.com (Bangkalan) – Praktisi hukum menyayangkan sekaligus mempertanyakan sikap anggota Bhabinkamtibas Polsek Konang, Ansori yang tidak melapor ke polisi meski jari tangannya harus terluka akibat sabetan senjata tajam (sajam) oknum Kades Cangkareman, Sulaiman pada tanggal 28 Januari 2021 sekitar pukul 17.30 WIB. Ahli hukum pidana Unair, Wayan Titip Sulaksana menegaskan wajib hukumnya harus melapor ke polisi karena korban (anggota Bhabinkamtibmas Polsek Konang, Ansori) adalah aparat negara yang sedang bertugas dan korban mengalami luka-luka akibat senjata tajam yang digunakan pelaku (oknum Kades Cangkareman, Sulaiman). 

“Kalau tidak melapor kepada atasan langsung dan juga tidak melapor kepada institusi kepolisian dimana Tempat Kejadian Perkara (TKP) harus diungkap oleh atasannya langsung, baik Kapolres atau Kapolsek,” imbuh Wayan Titip, begitu sapaan akrabnya, Selasa (16/2/2021).

Wayan Titip menambahkan perbuatan oknum Kades Cangkareman tersebut dapat dikenakan Undang-Undang (UU) Nomor 1 tahun 1952 tentang larangan senjata tajam dan pasal 351 ayat 2 KUHP tentang penganiayaan. Hal senada juga disampaikan Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Tri Daya Cakti, Benhard Manurung, Minggu (21/2/2021) yang menganggap aneh dan janggal sikap anggota Bhabinkamtibas Polsek Konang sebagai korban tidak mau melapor ke polisi.

“Wajib hukumnya anggota Bhabinkamtibmas itu melapor, karena terluka akibat sabetan sajam oknum Kades Cangkareman dan saat itu dia berada di TKP sedang dalam posisi bertugas. Selain itu, korban yang juga anggota polisi tersebut dapat membuat perkara dugaan penganiayaan itu bisa cepat terungkap dan terang benderang,” beber Benhard Manurung.

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Konang, Ansori yang menjadi korban sabetan sajam oknum Kades Cangkareman, Sulaiman hingga jari tangannya terluka memilih ‘tutup mulut’ saat ditanya awak media ini, Selasa (16/2/2021) mengapa dirinya tidak ikut melapor. Ia meminta wartawan untuk langsung konfirmasi kepada Kapolsek Konang dan Kapolres Bangkalan. (Fajar Yudha Wardhana)

Rekomendasi

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.