Polda Papua Prioritaskan 250 Anak Asli Papua Jadi Anggota Polri

NusantaraTerkini.Com, Papua – Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si mengatakan pihakya memprioritaskan sebanyak 250 putra dan putri Papua yang akan diseleksi masuk dalam penerimaan anggota Polri.

“Dari awal kami meminta nama-nama untuk dilatih. Dan juga kami mengajak Dinas Pendidikan agar berperan aktif dalam menyiapkan putra dan putri asli Papua yang akan ikut dalam seleksi,” ujar Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si dalam Dialog pengawasan Eksternal Seleksi Anggota Polri di Lingkungan Polda Papua, Jumat (28/9) kemarin.

Dikatakan, komitmennya perekrutan Polri mendatang akan memprioritaskan putra dan putri asli Papua, yang lahir besar di Papua.

Menurutnya, antusias dari putra-putri asli Papua untuk mengikuti seleksi menjadi anggota Polri sangat tinggi, namun ada masalah kesehatan yang masih menjadi kendala.

“Menjadi kendala adalah kesehatan yang diderita oleh anak-anak kami khususnya yang berdomisili di daerah pegunungan. Yang paling utama kita hadapi selama ini adalah penyakit Ispa (infeksi saluran pernapasan),” jelasnya lagi.

“Faktor utama adalah tempat tinggal (honai) mereka melakukan pemanasan dengan menggunakan api dan tidak ada saluran sirkulasi udara melalui ventilasi honai sehingga asap tersebut dihirup oleh anak-anak yang berdampak pada menderita penyakit ini, ” tambah Kapolda menjelaskan penyebab utama penyakit tersebut sering dijumpai pihak Kepolisian pada seleksi masuk, khususnya anak-anak pegunungan Papua.

Menyoal keseriusan Polri dalam merekrut pemuda Papua untuk megabdi kepada tanah air, Kepala Perwakilan Komnas HAM Papua Frits Ramandey turut mengapresiasi.

Ia meminta ada peran masyarakat dan pemerintah setempat untuk ikut ambil bagian.

“Bukan hanya pihak Kepolisian yang ikut dalam mempersiapkan calon anggota Polri khususnya putra dan putri asli Papua, tetapi harus juga ada peran aktif Pemerintah daerah dalam mempersiapkan putra putri yang terbaik di setiap daerah masing-masing,” pinta Frits yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Eksternal rekrutmen Anggota Polri Polda Papua.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dir intelkam Polda Papua Kombes Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin, S.H., Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Mustofa Kamal, S.H., Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol Jannus Oarlindungan Siregar, S.IK, Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Robby Urbinas, SH, S.IK dan Pemimpin Redaksi Cenderawasih Pos Lucky Ireeuw SH. M.H. (FNW)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.