PMI Asahan Kekurangan Stok Darah

Nusantaraterkini.com Asahan – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Asahan saat ini kekurangan pasokan stok bag darah untuk semua jenis golongan darah. Padahal, stok darah ini sangat dibutuhkan pada fasilitas kesehatan untuk membantu pasien terutama di tengah wabah virus corona.

“Rata-rata setiap bulannya PMI Asahan mengeluarkan 200 bag kantong darah bagi pasien yang datang ke markas PMI. Per tanggal untuk hari ini hampir semua stok jenis darah sudah tidak ada lagi tersedia,” kata Fahrul Simangunsong, Kepala Markas PMI Asahan kepada wartawan, Jumat (19/2/2021).

Dikatakannya, biasanya stok darah dibutuhkan pasien untuk berbagai macam penyakit seperti kanker, terapi hingga demam berdarah. Demi menjaga ketersediaan pasokan cadangan bag darah pihaknya harus sering menjemput para pendonor hingga ke rumah untuk dilakukan transfusi.

“Setiap hari kami harus jemput bola. Ada yang membantu stok secara rutin dari TNI / Polri ada juga mengajak komunitas atau kelompok masyarakat melaksanakan donor,” kata Fahrul.

Bagi komunitas atau kelompok masyarakat yang ingin menggelar acara donor, dikatakannya PMI sama sekali tak membebani biaya apapun, bahkan mereka menyediakan makanan pudding seperti susu, bubur, dan vitamin untuk pendonor.

“Kalau ada kemunitas yang mau buat acara donor semua dari kita, termasuk penyediaan makanan dan vitamin untuk pendonor,” jelas Fahrul lagi disela kegiatan donor darah yang mereka lakukan bersama pengurus Karang Taruna Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan.

Disamping itu, PMI juga memastikan prosedur donor darah aman sehingga pendonor tidak perlu khawatir akan covid-19, sebab dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. (IndraLubis)

Rekomendasi

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.