Plt Gubernur : Kartu Perlindungan Sosial Lebih Efektif Dibanding Membuka Lapangan Pekerjaan

NusantaraTerkini.Com, – Pemerintah Provinsi Bengkulu Jumat pagi (9/3/2018) melaksanakan kegiatan bimbingan pemantapan pendamping bantuan sosial pangan wilayah 1 Provinsi Bengkulu. Dalam kegiatan tersebut Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menyalurkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) baik KIP, KIS, dan Rastra untuk rumah tangga miskin.

Dijelaskan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah, dikatakan masyarakat miskin, sebab diukur pada nilai rupiah belanja perkapita perbulan. Dengan nilai tertentu dianggap tidak miskin.

Melalui Kartu Perlindungan Sosial itu, Pemerintah Provinsi dapat memberikan bantuan kepada masyarakat miskin. Perencanaan seperti ini dianggap lebih efektif dalam membantu dibandingkan harus membuka lapangan pekerjaan karena tidak seluruh masyarakat miskin bisa mendapatkan pekerjaan.

“Selama ini program penanganan kemiskinan relatif melekat dengan program – program pemberdayaan, tapi sekarang tidak secara efektif langsung dirasakan masyarakat miskin.” Ungkap Rohidin Mersyah.

Untuk Kartu Rastra mempunyai nilai Rp. 100.000, ditambah nilai dari KIS dan KIP. Untuk warga yang betul – betul miskin kronis akan dibantu melalui APBD.

“Kartu rasta ini nilainya sekitar Rp. 110.000 plus nilai KIP nilai KIS itu berapa, nah untuk masyarakat yang dianggap betul  – betul miskin kronis sehingga nanti dia bisa diangkat tidak miskin maka pengeluaran perbulannya itu masih kurang berapa.” Tambahnya.

Dana bantuan itu nantinya akan langsung ditujukan ke masyarakat miskin untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka, bisa berupa kebutuhan pangan, pendidikan, dan kesehatan. Namun agar lebih efektif dana langsung diserahkan kepada masyarakat.

Sementara jumlah bantuan akan disesuaikan dengan kemampuan daerah, berapa APBD yang teralokasi untuk itu dan berapa target penurunan angka kemiskinan yang ditetapkan oleh Pemprov. Sebelum peraturan dikeluarkan, Dasar Peraturan Daerah akan dirancang oleh Bapeda, Biro Ekonomi, Dinas Sosial Provinsi, Kabupaten Kota, Bapeda Kabupaten Kota. (Nindri/cw2))

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You cannot copy content of this page