Plt Gubernur: DAK Tahun 2018 Mengalami Kemajuan

NusantaraTerkini.Com, Bengkulu- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Provinsi Bengkulu mengatakan, Dana Alokasi Khusus (DAK) ditahun 2018 mengalami cukup kemajuan dibandingkan tahun sebelumnya, Senin (25/6).

Dibeberkan Rohidin, dalam perealisasian DAK pada tahun 2017 memiliki angka yang rendah, sehingga Pemerintah Daerah harus mengembalikan dana hingga ratusan miliar kepada Pemerintah Pusat.

“Realisasi DAK kita pada tahun 2017 itu angkanya rendah sekali sampai kita ada beberapa ratus miliar itu pengembalian ke pusat. Karena waktu itu realisasi pada bulan Juli harus 60%, artinya ada beberapa paket kegiatan yang memang tidak bisa dikerjakan, artinya realisasi DAK itu rendah. Termasuk waktu itu yang terkendala permasalahan Enggano sebenarnya yang waktu itu alokasi besar sekali satu paket,” jelas Rohidin.

Sementara itu, meskipun pada tahun 2018 mengalami penurunan DAK, lanjut Rohidin, namun pada bulan Mei kemarin menunjukkan kemajuan pada perealisasian. Terlebih pada saat proses pelelangan terbesar pada RSUD M. Yunus.

“Pada tahun 2018 ini DAK kita memang turun, tetapi secara realisasi kalau per Mei sebelum lebaran kemarin, menurut saya progresnya lumayan, apalagi proses lelang kita itu yang paling besar di Rumah Sakit M. Yunus,” lanjutnya.

Ditambahkan Rohidin, beberapa minggu yang lalu pelelangan sudah selesai serta penetapan pemenang juga sudah ada.

“RSUD M. Yunus itu sekitar 3 minggu yang lalu sudah penetapan pemenang dan diberikan ruang waktu untuk pemberian sanggahan, itu hampir 60 Miliar. Mudah-mudahan progresnya juga cepat, karena DAK di sektor lain tidak terlalu besar,” demikian Rohidin. (Nindri/adv)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.