Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

PLN UIW S2JB Gelar Pelatihan Pengembangan Dan Pelestarian Pemasaran Wisata Puspa Langka Di Kemumu

Loading...

BENGKULU UTARA- Demi mengembangkan wisata puspa langka, serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam melestarikan puspa langka, PLN (PERSERO) UIW S2JB melaksanakan pelatihan “Pengembangan Dan Pelestarian Pemasaran Wisata Puspa Langka” bagi warga Di Kelurahan Kemumu, Kecmatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara Senin (28/09/2020).

kegiatan pelatihan yang di ikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari pemuda, anggota karang taruna, dan kelompok tani ini diselenggarakan selama 2 hari, mulai dari tanggal 28-29 september 2020. Dalam pembukaannya, kegiatan pelatihan ini dihadiri langsung oleh, Camat Arma Jaya, Lurah Kemumu, dan manajer PLN ULP Argamakmur.

Manajer PLN ULP Argamakmur Khairul Mustafa Mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari PLN (PERSERO) UIW S2JB untuk masyarakat yang sifatnya sosial. Lantaran melihat kawasan kemumu memiliki potensi wisata yang harus di kembang secara maksimal, pihaknya memilih kelurahan kemumu agar nantinya sumber daya manusianya dapat memasarkan wisata puspa langka dengan baik.

“kita tau kemumu mempunyai wisata puspa langka, yakni habitat bunga rafflesia dan habitat bunga bangkai, nah itu perlu kita kembangkan, supaya SDMnya mampu menjadikan kemumu sebagai salah satu kawasan tujuan wisata di provinsi bengkulu”

Pelatiahan Ini PLN menggandeng Komunitas Pecinta Puspa langka (KPPL) Bengkulu Utara dan mengundang 2 narasumber, yakni Reko Serasi sebagai instruktur pemasaran wisata puspa langka , dan Agus Susatya pakar Rafflesia Bengkulu.

Di Hari pertama pelatihan, materi yang dibahas ialah terkait pemasaran wisata puspa langka, didalam materinya Reko menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa selain pemeliharaan habitat, pemasaran terhadap wisata puspa langka ini juga menjadi bagian penting untuk menarik wisatawan datang berkunjung ke sebuah obyek wisata. maka dari itu di hari pertma reko memberikan pemahan kepada para peserta agar dapat memberikan kesan baik ketika ada pengunjung yang datang.

” apa lagi jika kita menjadi guide, kita harus sebisa mungkin memberika pelayanan terbaik bagi para pengunjung, karena jika pengunjung merasa mendapatkan kesan baik mereka tidak akan segan untuk datang kembali” kata reko saat memaparkan materi.

Sementara itu, di hari kedua pelatihan di lanjutkan dengan materi tentang puspa langka. Dalam Materinya Agus menyampaiakan kondisi alam di kelurahan kemumu memiliki potensi yang besar untuk di kembangkan potensi wisata alammnya, karena memiliki 2 buah jenis puspa langka yankni Rafflesia dan Bunga Bangkai yang merupakan bunga terbesar di dunia. Bahkan terdapat 2 jenis bunga rafflesia yakni Rafflesia Ghadutensis, dan Rafflesia endemik yakni Rafflesia Kemumu.

“nah 2 potensi tadi lah yang harus jika lestarikan, agar tidak punah dan tentunya dapat menjadi modal dasar pengembangan agrowisata di kemumu” terang agus

Manajer PLN ULP Argamakmur Khairul Mustafa menambhakan, semoga apa yang telah di berikan oleh pihaknya dapat bermanfat serta direlisasikan dengan baik, dan perekonomian masyarakat di kawasan wisata puspa langka dapat meningkat.(ADV)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.