PLH Bupati OKU Buka Musrenbang  Kecamatan KPR

Baturaja,nusantaraterkini.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) kecamatan  Kedaton Peninjauan Raya (KPR) yang dilaksanakan di Kantor Camat KPR. (Kamis, 3/02/2022) dibuka langsung oleh PLH Bupati OKU Drs.H.Edward Chandra,MH.

Musrenbang Kecamatan merupakan pelaksanaan amanat  Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 86 tahun 2017.

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Mengatakan Musrenbang Kecamatan merupakan tahapan lanjutan dari Musrenbang tingkat desa yang hasilnya sudah diinput pada Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri. 

Acara Musrenbang kecamatan yang Agenda utamanya untuk melakukan kompilasi atau membahas dan menyepakati usulan kegiatan yang belum menjadi kegiatan prioritas dan usulan yang menjadi prioritas.

Hasil kesepakatan Musrenbang   Kecamatan ini dituangkan dalam berita acara yang disampaikan kepada Bappelitbangda sebagai bahan penyusunan rencana daerah  dan dinas/instansi terkait sebagai bahan penyusunan rancangan Renja perangkat daerah yang akan dibahas pada forum perangkat daerah.

Dalam sambutannya PLH Bupati OKU Edward Candra mengharapkan pengambilan keputusan terhadap usulan kegiatan perlu dipertimbangkan usulan yang lebih penting dan mempunyai nilai manfaat lebih banyak bagi masyarakat.

Dengan adanya pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia termasuk Kabupaten OKU,adanya perlambatan pembangunan di Kabupaten OKU. Hal ini tidak terlepas dengan terbatasnya keuangan daerah dalam membiayai pembangunan di Kabupaten OKU.

 

Dalam kesempatan ini, Edward Candra juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten OKU selalu berupaya untuk memenuhi semua usulan pembangunan yang  disampaikan melalui Musrenbang ini, akan tetapi dengan keterbatasan anggaran tidak semua usulan dapat dipenuhi.

 

Untuk tahun anggaran 2022 kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan di Kecamatan KPR melalui APBD antara lain, pembuatan siring lanjutan Desa Bunglai menuju Lebak Lebar, 

pembangunan gedung serbaguna kantor Camat KPR, peningkatan jalan Kedaton Timur, peningkatan jalan dusun III Ibul Sungsang menuju dusun IV, pembuatan jalan lingkungan Desa Bunglai, dan Desa Suka Pindah, pembuatan siring di Desa Bunglai, dan penyediaan sarana air bersih dan penyediaan jaringan Polsek KPR dan lain lain.

 

Disamping itu juga,melalui Dinas Pendidikan akan memberikan  pengadaan Alat Permainan Edukatif (APE) untuk TK. At-Taqwa Desa Bunglai, pembangunan UKS dan ruang guru SDN 187 Desa Sinar Kedaton.

 

Di bidang kesehatan, Pemerintah Kabupaten OKU melalui APBD pada tahun anggaran 2022 ini akan melaksanakan kegiatan pembangunan di Kecamatan KPR berupa, pembangunan Poskesdes Bunglai, Poskesdes Lubuk Kemiling, pembangunan pagar UPTD Puskesmas Kedaton dan  pengadaan alat Antropometri. 

 

Disamping itu juga, untuk mewujudkan kemandirian pangan,  salah satu yang dilaksanakan Pemerintah adalah menjaga sumber pangan yang berasal dari daratan, lautan maupun perairan darat. 

 

Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten OKU yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Peternakan pada tahun 2022 berupa, bantuan benih padi untuk Desa Lubuk Kemiling, restocking penebaran benih ikan di Kecamatan KPR, pelatihan pengolahan ikan untuk Unit Pengolahan Ikan (UPI).

 

Pada akhir sambutannya, Edward Candra menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan ini, untuk mewujudkan OKU yang Bersih, Kreatif, Religius, Maju, dan Sejahtera.

 

Acara Musrenbang yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri oleh  Staf Ahli Bidang Pemerintahan, kepala Dinsa PMD,  Bappelitbangda, Sekdin Diknas, Kadin PPKB, Plt.Kadinkes, Sekdin PUPR, Kadin PU Perkim, Kasat Pol PP, Kabag Tapem, Camat KPR dan segenap kades sekecamatan KPR dan Para BPD kecamatan KPR serta undangan lainnya. (elv/adv)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.