Pjs Walikota Blitar Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2020

Kota Blitar – Pjs Walikota Blitar, Jumadi memimpin Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Kota Blitar tahun 2020 bertempat di halaman kantor Wali Kota Blitar, Kamis (22/10/2020). Hadir pula dalam kesempatan itu, Sekda Kota Blitar, sejumlah kepala OPD, para kyai, alim ulama, ustadz dan jajaran Forkopimda.

Dalam amanatnya, Pjs Walikota Jumadi menegaskan, peringatan Hari Santri merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri yang telah mendedikasikan diri sejak zaman pra kemerdekaan hingga menjadi bagian penting untuk mengawal kemerdekaan Indonesia hingga saat ini.

Peringatan Hari Santri Nasional 2020 secara khusus mengusung tema “Santri Sehat, Indonesia Kuat”, tema tersebut dapat dimaknai, bahwa Santri memiliki kontribusi yang besar untuk mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Lanjut Jumadi menyampaikan, berkenaan isu kesehatan, bahwa saat ini tengah dilanda pandemi global yakni Covid-19 dan telah ditetapkan bencana non alam. Dalam hal ini beberapa pesantren juga telah berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian dan penanganan dampak Covid-19 menjadi bukti bahwa pesantren juga memiliki kemampuan ditengah keterbatasan fasilitas.

“Para santri diajarkan berperilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi pelajaran tentang Thoharoh yang menjadi kajian setiap santri,” jelasnya.

Pjs Walikota Blitar dalam kesempatan itu, juga mengingatkan penerapan protokol kesehatan harus terus dijaga dalam pesantren. Diharapkan pesantren menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi para santri.

Mari kita makni peringatan Hari Santri tahun 2020 dengan meningkatkan semangat hingga terwujudnya Indonesia yang sehat, terbebas dari wabah Covid-19 demi terwujudnya Indonesia yang kuat,” kata Jumadi dalam amanatnya.

Momentum peringatan Hari Santri juga perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang beesintesis dengan keagamaan. “Spirit cinta tanah air sebagaian dari iman,” tegasnya.

Terakhir, Jumadi dalam amanatnya menyampaikan terima kasih kepada para ulama, kyai, ustadz, guru pesantren, guru madrasah di masjid dan musholla yang berdedikasi memberikan ilmu kepada para santri. “Maju terus santri Kota Blitar, semoga upaya kita menjadi amal yang khasanah bermanfaat di dunia dan akhirat,” tutupnya. (Hms/Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.