Petugas Damkar Pemkab Jember Latih 42 Pegawai Lapas, Beri Ketrampilan Khusus Tangani Kebakaran

Jember- Enam petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Jember melakukan pelatihan dan simulasi pemadaman api bersama 42 pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Jember dengan menggunakan alat pemadam api ringan.Rabu, (17/11).

 

Menurut petugas Damkar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Ferdy Eko Putra, bahwa tujuan pelatihan ini selain untuk memberikan pertolongan pertama untuk memadamkan api juga sebagai pengetahuan keterampilan khusus sekaligus persiapan meningkatkan kinerja para pegawai.

“Pesan kami agar kegiatan ini dijadikan pengetahuan dan keterampilan para pegawai dalam pencegahan. Bila terjadi percikan api disetiap lini segera dicegah dan dipadamkan dan melaporkan kepada petugas Damkar posko terdekat,” katanya.

Menurut Ketua penyelenggara Mapesik Andre Setiawan, kegiatan yang digerlar di lapangan Sarana Asimilasi dan Edukasi di kelurahan / Kecamatan Sumbersari ini adalah upaya mengantisipasi terjadinya kebakaran baik di gedung maupun saat sedang bertugas.

“Disini Petugas Kebakaran (Damkar) Jember memberikan cara memakai alat Apar seperti menarik tuas tabung dan mematikan api searah angin berhembus. Dalam pelatihan ini, api disiapkan di sebuah tangki kosong yang disiram pertralite dan disulut api.” Jelasnya.

Pelatihan ini sambung kepala seksi Administrasi Keamanan dan Tata tertib Lapas Jember itu, sangat penting.”Karena musim kemarau, ancaman kebakaran bisa terjadi dalam gedung terutama di lingkungan kerja,” pungkasnya. (Tahrir)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.