Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Petani Keluhkan Harga Jagung Anjlok

Loading...

OKU Selatan, Nusantara terkini.com-Harga jagung di sejumlah Kecamatan Kabupaten Ogan Komering Ulu ( OKU) Selatan, mengalami penu garunan Draktis. Padahal saat ini tengah memasuki masa panen raya.

Terpantau, jika di bandingkan dengan harga pada tahun 2019 yang lalu mengalami penurunan, dari harga sebelumnya mencapai Rp.3.500 per kilogram, dan saat ini harga jual jagung di tingkat petani dihargai Rp. 2.900 per kilogram.

Dengan penurunan, harga komoditi jagung yang membuat para petani merasa lesu, karena di anggap tak sesuai dengan modal dari hasil panen mereka. Hal ini di sampaikan oleh Eko (32) salah satu petani jagung, yang tercatat sebagai warga Desa Sri Menanti, Kecamatan Buay Pemaca, Minggu (2/08/2020).

Dikatakannya, harga jagung saat ini terhitung dari mulai panen hanya berkisar Rp. 2.900.per kilogram, bahkan ada yang terjual harga Rp.2.800 per kilogram, dengan harga seperti ini sangat lah tidak sesuai dengan modal proses perawatan panen, modal dikeluarkan cukup besar, waktu penjualan murah.

Sehingga membuat, para petani jagung terkadang semakin melemah untuk terus bertani dan juga terkadang menjadi Dilema, di saat harga sedang murah seperti ini. Mau dijual tidak sesuai dengan modal yang dikeluarkan, di simpan takutnya kadarnya menurun dan jamuran, ” keluhnya.

Sementara itu, Yanto warga Desa Tanjung jaya, juga mengungkapkan hal yang sama bahwa dirinya juga mengaku mengeluh akibat harga jagung murah.
Kenapa setiap, panen mengalami penurunan harga, padahal sebelum panen harga cukup tinggi bahkan mencapai Rp.3.500, per kilogram waktu panen turun drastis.

” Ia meyebut, telah lama bertani jagung tetapi penurunan harga jual pada tahun ini cukup signifikan, dari tahun-tahun sebelumnya. Dari itu lah, banyak dari petani lebih memilih untuk di simpan menunggu harga naik, agar pendapatan sesuai dengan pengeluaran,” tuturnya.(SR)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.