Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Petani Jagung Kalinusu Bumiayu Menuju Sejahtera Berkat TMMD Reguler Brebes

Loading...

Brebes – Adalah Mbah Temah (75), warga Dukuh Karanganyar RT. 02 RW. 01, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, adalah salah satu petani jagung yang menyambut baik adanya pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT), 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, dari Dukuh Karanganyar ke Dukuh Kedung Kandri yang selama ini terisolasi dari desanya.

Di masa tuanya ini, dirinya menyatakan sangat terbantu saat menjual hasil panen jagung dari ladangnya karena jalan TMMD akan menekan ongkos produksi, yaitu ongkos kuli pikul.

Untuk itulah dirinya mengucapkan beribu terima kasih kepada Bupati dan TNI Kodim Brebes, atas hadiah infrastruktur yang masih terus dikerjakan.

“Selain untuk usaha tani, jalan yang dibuka ABRI Masuk Desa, juga akan menjadi jalan tembus bagi 100 KK di Dukuh Kedung Kandri, untuk mendapatkan pelayanan adminduk di Balai Desa, kesehatan di Posyandu Lestari Kalinusu, serta pendidikan di sejumlah SD di Kalinusu,” beber Mbah Temah, Kamis (17/9/2020).

Nenek tersebut juga menyambut baik adanya berbagai kegiatan non fisik TMMD, dimana salah satunya berupa penyuluhan/sosialisasi pertanian yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Untuk diketahui, Desa kalinusu menjadi salah satu penyangga pangan di Kabupaten Brebes, khususnya padi dan jagung.

Namun sayang, akses jalan di daerah ini belum sepenuhnya mendukung dalam mobilitas pertanian, sehingga hadirnya TMMD Reguler yang membuka dan mengeraskan jalan 2,3 kilometer lebar 4-6 meter, menjadi angin segar bagi para petani untuk lebih giat menggarap sawahnya sehingga kesejahteraannya meningkat. (Rus/Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.