Personil Pos Koya Koso Temukan 2 Paket Ganja Seberat 200 Gram

NusantaraTerkini.Com, Jayapura – Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Pos Koya Koso berhasil mengamankan 2 oknum pemuda berinisial AU dan JU yang kedapatan membawa 2 paket Ganja seberat 200 gram di daerah Koya Koso, Papua.

Kejadian berawal dari kegiatan sweeping rutin yang dilakukan Pos Koya Koso di Jalan Abepura-Keerom, Distrik Abepura, Jayapura (8/6).

Saat terjaring sweeping kedua tersangka sedang melintas dari arah Arso menuju Abepura menggunakan sepeda motor jenis Satria FU dengan nopol DS 3928 JQ.

Ketika diperiksa, personel Pos Koya Koso menemukan 2 paket Ganja seberat 200 gram di dalam noken yang dikenakan tersangka AU.

Selanjutnya, kedua tersangka dibawa menuju Pos Koya Koso untuk dimintai keterangan. Dari hasil introgasi, diketahui bahwa kedua tersangka beralamat di Perumahan BTN Matoa Sentani, Jayapura.

“Tersangka AU mengaku mendapatkan barang haram tersebut dari seorang temannya berinisial BT yang tinggal di Terminal Arso dengan cara menukarkan Speaker miliknya dikarenakan AU tidak memiliki uang untuk membelinya. AU juga mengaku, Speaker tersebut nantinya akan dijual kembali oleh BT kepada rekannya LD yang juga tinggal di BTN Matoa Sentani, Kabupaten Jayapura senilai enam juta Rupiah untuk membayar kuliahnya,” ungkap Dansatgas YPR 501 Kostrad, Letkol Inf. Eko Antoni Chandra. L, Jumat (8/6/18).

Kedua tersangka telah melanggar Pasal 111 ayat 1 Undang Undang nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa, Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan Narkotika golongan I dalam bentuk tanaman dipidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun serta denda paling sedikit Rp 800.000.000.- (Delapan ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp 8.000.000.000.- (Delapan miliar rupiah).

Hingga berita ini dirilis, kedua tersangka telah diserahkan ke Polsek Abepura.

Kapolsek Abepura, AKP Dionisius mengapresiasi personel Pos Koya Koso karena membantu pihaknya dalam memberantas peredaran narkoba di Papua.

“Semoga dapat membantu menekan peredaran Narkoba di wilayah perbatasan,” jelasnya. (FN)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.