Perlu Dicontoh Kebersamaan Masyarakat dan TNI Doro Pekalongan, Normalisasi Saluran Tersier

Pekalongan – Saluran irigasi sangat vital peranannya dalam pertanian. Sampah, bebatuan serta tanaman liar terkadang menjadi pemicu penyumbatan sehingga pasokan air ke petani menjadi sangat minim.

Normalisasi mutlak dilakukan agar aliran kembali normal, seperti halnya yang dilakukan masyarakat Dukuh Regenan, Desa Bligorejo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, secara manual mereka bergotong royong membersihkan saluran tersier. Jumat sore (14/6/2019).

Babinsa Koramil 15 Doro Kodim 0710 Pekalongan, Sertu Nurhaziz, juga terjun langsung mendampingi warga binaannya tersebut.

Terpisah, Danramil, Kapten Cpm. Abdul Khamim mengatakan, kegiatan bersama warga desa ini merupakan upaya untuk melancarkan aktivitas pertanian dengan memaksimalkan sistem pengairan melalui normalisasi.

“Lahan pertanian sangat membutuhkan air yang cukup, maka dari itu sistem irigasi harus berjalan dengan baik, sehingga produksi pertanian bisa memuaskan dan petani tidak mengalami gagal panen,” ujarnya.

ditambahkannya, kegiatan gotong royong bersama warga desa ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sinergitas TNI dengan masyarakat agar institusi ini semakin dicintai rakyat.

“Dengan gotong-royong ini mereka akan lebih mendalami warga binaan, juga akan semakin cinta dengan kami,” imbuh Danramil. (Rusg/Red).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.