Peringati HUT Ke-78 RI, Polres Blitar Tanam Ratusan Pohon Kayu Putih untuk Penghijauan

Blitar – Kepolisian Resor Blitar Polda Jatim memilih cara memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-78 dengan melakukan penanaman ratusan bibit pohon kayu putih di lahan hibah dari Pemerintah Kabupaten Blitar yang berada di Kelurahan Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jum’at (18/8/2023).

Aksi nyata penghijauan oleh Polres Blitar itu diawali dengan penanaman bibit pohon kayu putih secara simbolik oleh Wakil Kepala Polres Blitar Kompol Roycke H.F. Betaubun S.I.P. S.I.K M.Si dan segenap jajaran Pejabat Utama (PJU) Polres Blitar.

Kompol Roycke mengatakan Polres Blitar telah menyiapkan 250 batang bibit pohon kayu putih untuk ditanam di lahan yang terletak di sebelah timur Mapolres Blitar itu.

“Harapan kami dengan adanya penanaman pohon kayu putih ini dapat membantu pemerintah kabupaten dan juga dapat membantu penghijauan di lahan tersebut,” tutur Wakapolres Blitar.

Menurutnya, Polres Blitar memilih melakukan penanaman pohon kayu putih untuk memperingati HUT RI ke-78 karena penanaman bibit pohon kayu putih tersebut sangat besar manfaatnya bagi upaya pemerintah dalam merawat dan menghijaukan lingkungan.

Bahkan, kata Kompol Roycke, pohon kayu putih tidak hanya memberi manfaat pada lingkungan namun juga dapat menghasilkan minyak yang memiliki nilai ekonomi setelah melalui proses penyulingan.

Sementara itu, Kapolres Blitar AKBP Anhar Arlia Rangkuti S.I.K. melalui Wakapolres Blitar Kompol Roycke H.F. Betaubun S.I.P. S.I.K. M.Si, mengatakan bahwa penanaman bibit pohon kayu putih tersebut diharapkan akan segera menghijaukan kembali lahan yang semula gersang itu.

“Semoga penanaman pohon kayu putih ini bermanfaat dan dapat menghijaukan kembali lahan tersebut. Apa yang kami lakukan bisa semoga membawa dampak baik bagi masyarakat di sekitar area Polres Blitar dan Kabupaten Blitar,” tuturnya.

AKBP Anhar Arlia Rangkuti juga mengharapkan aksi penanaman pohon kayu putih tersebut turut berkontribusi pada kampanye pentingnya melakukan konservasi lingkungan. (Hms Res)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.