Terbit : 8 November, 2019 - Jam : 11:29

Perdana, PWI Majalengka Buka Pendaftaran UKW Bagi Insan Media Majalengka

Loading...

MAJALENGKA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Majalengka menggandeng Pemerintahan Kabupaten Majalengka membuka pendafratan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan pertama tahun 2019 dari tanggal 06-20 November di Sekretariat PWI Majalengka, Jalan Gerakan Koperasi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Tingkatan level dalam UKW yakni, UKW Muda (Wartawan), UKW Madya (Redaktur) dan UKW Utama (Pimpinan Redaksi) dengan menghadirkan tim penguji langsung dari Dewan Pers

Ketua PWI Majalengka, Jejep Falahulalam didampingi Sekertaris Asep Trisno mengatakan, tujuannya adalah memastikan kompetensi pengetahuan keterampilan wartawan, menjadi evaluasi kinerja seorang wartawan dari perusahaan maupun lembaga maupun organisasi tempatnya bekerja, menjaga dan meningkatkan harkat profesi wartawan sehingga menghasilkan wartawan yang kompeten untuk masyarakat Indonesia.

“Dengan demikian hasil dari UKW bila dinyatakan lulus akan mendapat sertifikat dan langsung dikeluarkan oleh Dewan Pers diharapkan para wartawan dalam melakukan tugasnya dapat menunjukkan kinerjanya secara profesional,” katanya. Jumat, (08/11/2019)

Jejep menegaskan, berkas peserta sudah diterima panitia paling lambat tanggal 21 November 2019. Selanjutnya, panitia akan memverifikasi berkas peserta hingga tanggal 23 November 2019.

“Nantinya panitia akan mengumumkan peserta yang memenuhi syarat (MS), dan yang tidak memenuhi syarat (TMS). Jika ada perbaikan kekurangan kelengkapan berkas bisa dilengkapi dan penutupan pendaftaran pada 26 November 2019 (Tidak ada lagi berkas susulan),” terangnya.

Selanjutnya, rencana persiapan tempat pelaksanaan UKW, dan jemput tim penguji pada tanggal 30 November 2019. Pelaksanaan UKW akan berlangsung tanggal 03 Desember 2019 hingga selesai sekaligus penutupan.

Sementara itu, Hj Neni Sofia Iriani selaku kepala bagian protokoler Setda Majalengka mengatakan, kesempatan ini diharapakan agar wartawan yang bertugas melaksanakan liputan khususnya di Kabupaten Majalengka bisa mengikutinya.

“Pemerintah sengaja mengalokasikan anggaran UKW dan FGD ini sebagai dukungan penuh agar para insan pers di Majalengka semakin berkompetensi dan profesional. Terlebih UKW ini merupakan misi dari Dewan Pers yang sangat perlu untuk melahirkan wartawan yang berkompeten dan menjalankan tugas jurnalistik dengan profesionalisme,” harapnya.

Menurutnya, melalui UKW nanti, wartawan bisa meningkatkan kapabilitas untuk menjaga marwah wartawan, serta mampu mengubah stigma negatif demi mengembalikan marwah profesionalisme wartawan sebagai pilar keempat NKRI. (GW)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.