Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Percepatan Penanganan COVID -19 Pemerintah Kabupataen Indragiri Hulu

Loading...

INHU – Surat edaran Mentri Agama Nomor 4 tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja pegawai dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 maka pegawai Kementrian Agama Inhu akan bekerja dari rumah kecuali unit yang menjalankan fungsi pelayanan langsung ke masyarakat seperti seksi penyelenggara haji dan umrah tetap masuk kantor dengan menggunakan protokol kesehatan.

 

Sedangkan untuk pelayanan di Kantor Urusan Agama sejak tanggal 1 April 2020 proses pendaftaran kehendak nikah hanya sebatas menerima pendaftaran melalui SIMKAH web akan tetapi waktu pelaksanaan akad nikahnya belum bisa ditentukaan sampai dengan diterbitkannya kembali kebijakan terbaru terkait layanan di KUA.

Selanjutnya tentang penyampaian Panduan Ibadah Ramdhan dan Idul Fitri 1 Syawal di tengah COVID-19 yang mana surat tersebut berdasarkan Surat Edaran Mentri Agama Nomor 6 tahun 2020 dan surat Kakanwil Kemenag Provinsi Riau. Surat tersebut meminta kepala KUA Kecamatan se kabupaten Indragiri Hulu .penyuluh agama Islam dan seluruh PNS serta honorer Kementrian agama Indragiri Hulu. Agar dapat melaksanakn mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat di wilayah kerja masing-masing. Rabu (22 April 2020)

Umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa dibulan ramdhan dengan baik sesuai ketentuan ibadah fikih ibadah begitu juga dengan sahur dan buka puasa dilakukan secara individu on the road kembali dengan tilawah atau tadarus AlL-Qur’an dilakukan dirumah masing-masing. Buka puasa bersama di lembaga pemerintahan lembaga swasta masjid juga musholla ditiadakan.Peringatan nuzulul qur’an dalam bentuk tablig dengan menghadirkan penceramah dan jumlah massa dalam jumlah besar baik dilembaga pemerintahan lembaga swasta masjid maupun musholla ditiadakan pelaksanaan sholat idul fitri yang lazimnya dilaksanakan berjamaah baik di masjid atau dilapangan menunggu terbitnya fatwa MUI.

Agar tidak melakukan takbiran keliling tetapi takbiran dilakukan di masjid musholla dengan menggunakan pengeras suara begitu juga dengan pengumpulan zakat fitrah atau zis zakat Infak dan shadaqah agar menghimbau bagi masyarakat untuk mensegerakan dan sebisa mungkin meminimalkan kontak fisik dalam hal penyaluran zakat fitrah dan atau zis untuk menghindari penyalurah zakat fitrah ke mustahik melalui pertukaran kupon dan pengumpulan orang. Dallam menjalankan ibadah Ramdhan dan syawal seyogyanya masing-masing turut mendorong menciptakan dan menjaga kondisifitas kehidupan beragama dengan tetap mengedepankan ukhuwah islamiyah ukhuwah wathaniyah dan ukhuwa basyariah selalu senantiasa memperhatikan instruksi pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait pencegahan dan penanganan COVID-19.

Pemerintah kabupaten Indragiri Hulu mnerbitkan surat edaran melalui kantor kemtrian agama Nomor 7 tahun 2020 menginstruksikan kepada seluruh PNS dan honorer di kemtrian agama untuk tidak melakukan kegitan bepergian keluar daerah atau kegiatan mudik untuk keperluan apapun. Dan jika melanggar akan diberi sanksi disiplin sesuai ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku .jika dalam keadaan terpaksa harus bepergian keluar daerah harus mendapat izin dari pimpinan.

Menghimbau kepada seluruh stakeholder kemtrian agama meminta untuk dapat berpartisifasi bersama masyarakat lainnya untuk membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan di wilayah masing-masing.

Untuk menangani COVID-19 pemerintah telah merealokasi anggaran sebesar Rp.1.691.300.000 (Satu Milyar Enam Ratus Sembilan Puuluh Satu Juta Tiga Ratus Ribu Rupiah) untuk di akumulatif ke Kementrian agama secara nasional Realokasi anggaran kementrian agama sebesar 26 triliun untuk percepacatan penanganan covid-19 dimaksud.

Lebih lanjut pemerintah kabupten Indragiri Hulu melalui bagian perekonomian dan sumber daya alam di sekretariat daerah kondisi bulan April 2020 kebutuhan sembako berdasarkan perolehan data Bulog seperti beras pemerintah indtagiri Hulu menyiapkan beras sebanyak 100 ton direncanakan akan menambah 500 ton .gula pasir hanya 500 Kilo gram dengan demikian kebutuhan masyarakat akan dapat di tanggagulanagi selama kebutuhan jelang ramdhan dan hari raya besar idul fitri. Daging sapi 700 kilo gram tambah minyak goreng 600 liter.

Kebutuhan untuk LPG tabung 3 Kg pemerintah kabupten Indragiri Hulu akan mencukupi kebutuhan masyarakat dimana terjadi peningkatan dari bulan Maret yang berjumlah 286.720 tabung menjadi 327.800 tabung saat ini di bulan april. Peningkatan terjadi terkait momen menyambut bulan ramdhan. Untuk kebutuhan bahan pangan sembako harga terseluruhnya masih relatif stabil walaupun ada kenaikan harga pada beberapa jenis bahan sembako seperti gula pasir dan bawang merah sedangkan yang mengalami penurunan harga diantaranya daging ayam cabe merah dan cabe rawit.

Untuk menekan kenaikan harga pangan (sembako) pemerintah Indragiri Hulu bersama dengan Bulog akan melakukan oprasi pasar atau mengadakan gerai pangan ditingkat kecamatan.

Sementara bagian kesra di sekretariat dareha Indreagiri Hulu menyampaikan dalam mengurangi dampak peneyebaran dari COVID-19 pemerintah akan menunda dan membatalkan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak pertama kegiatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad di bulan Maret 2020  kegiatan buka bersama ASN dan cleaning service dibulan Mei 2020 juga kegiatan buka bersama masyarakat di dua lokasi di bulan Mei ditahun yang sama. Kegiatan Safari ramdhan untuk sementara ditiadakan kegiatan silaturahmi open house Gubernur Riau GUBRI kegiatan pawai takbir keliling idul fitri halal bihalal       dengan masyrakat di dua lokasi sunat massal di 14 kecamatan begitu juga  kegiatan wisuda MDTA se kabupaten Indragiri Hulu sementara ini di hendle. Tutup juru bicara pemerintah kabupen Indragiri Hulu Dinas Kominfo JAWALTER. (adv/Holmes Pane)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.