Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Penyuluhan Perkoperasian Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Brebes di TMMD

Loading...

Brebes – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memberikan penyuluhan perkoperasian kepada warga masyarakat Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, untuk mengisi kegiatan non fisik TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes.

Dadang Hariono, SE, selaku pemateri penyuluhan yang berlangsung di Aula Kantor Desa Kalinusu itu, menjelaskan mulai dari struktur organisasi koperasi yang terdiri dari rapat anggota, pengurus, dan pengawas. Termasuk tata cara Rapat Anggota Tahunan (RAT), juga tak luput dari penjelasannya.

Selain itu, ada juga unsur penasehat, pelaksana, manajer dan karyawan, sebagai unsur pelengkap organisasi.

“Semua unsur itu harus ada karena merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan dibentuknya koperasi, yakni memakmurkan anggotanya,” ungkapnya.

Dijelaskan pula tentang manajemen koperasi, yaitu harus diisi orang-orang cakap atau didukung dengan kemampuan yang mumpuni dalam perencanaan.

Dirinya menegaskan, bahwa RAT harus dilaksanakan setiap tahun agar juga diketahui oleh masyarakat terkait laba maupun kerugian usaha.

Tak lupa dirinya mendorong pihak desa agar merealisasikan pembentukan koperasi, untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalinusu.

Sementara disampaikan Ketua Bumdes Kalinusu, Bambang (35), bahwa Bumdes Kalinusu sudah terbentuk lembaga dan pengurusnya, namun belum bisa beroperasi karena belum adanya modal usaha awal.

“Untuk kantor koperasinya juga memang belum ada sehingga kami memohon agar Kepala Desa segera mencarikan terobosan untuk merealisasikannya,” ungkapnya. (Dar/Aan)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.