Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Penyiraman Jalan Beton TMMD Reguler Banyumas Terus Dipertahankan Untuk Kualitas

Loading...

Banyumas – Upaya menjaga kualitas jalan cor hasil TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terus dilakukan warga setempat.

Tampak Sekretaris Desa Petahunan atau Carik, Sukmono (37), mengaliri jalan beton selebar 3,75 meter dan ketebalan 20 centimeter itu untuk pendinginan. Senin (20/7/2020).

Disampaikannya, untuk jalan yang selesai di cor maka perawatan awal untuk mempertahankan kualitas jalan tersebut adalah dengan penyiraman rutin.

“Panjang jalan beton yang sudah jadi sampai dengan hari ke-21 pelaksanaan TMMD di desa kami adalah 1.552 meter. Saya tetap menugaskan sejumlah warga untuk melakukan penyiraman beton di titik yang belum mengeras sempurna,” bebernya.

Menurutnya juga, dengan cara itu diharapkan jalan yang baru saja dicor tidak mudah retak atau terdapat retakan rambut.

Terpisah Serka Eko Budi Wiyono, Babinsa setempat dari Koramil 15 Pekuncen, Kodim Banyumas mengatakan, upaya menjaga kualitas jalan beton yang dibangun adalah dengan melapisi tanah dengan lembaran plastik sebelum jalan di cor.

“Tim Teknis Satgas TMMD Reguler dari kesatuan Denzibang Purwokerto dan Yon Zipur 4 Slawi Kabupaten Tegal, dibantu para tukang professional, khusus ditugaskan untuk mengangkat bekisting atau cetakan beton, untuk meminimalisir retakan rambut,” bebernya.

Ditambahkannya, penyiraman dengan air ke jalan beton mutlak dilakukan supaya pelan namun pasti, pengeringannya betul-betul sempurna. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.