Pentingnya Sertifikasi Halal Bagi Pelaku UMKM, Dinas Koperasi dan UM Tulungagung Gelar Sosialisasi

Nusantaraterkini.com||Tulungagung – Menyadari pentingnya sertifikasi halal dalam rangka Meningkatkan kualitas produk dan daya saing bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMK) dalam pertumbuhan industri makanan dan minuman halal di dalam negeri.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tulungagung gencar melakukan sosialisasi program percepatan Sertifikasi Halal bagi pelaku UMKM.

Dilaksanakan mulai tanggal 08 juli 2024 dan 09 juli 2024, acara Soialisasi Regulasi dan Prosedur Sertifikasi Halal bertempat di Hall Hotel Narita tersebut, diikuti oleh 68 pelaku UMKM yang sebagian besar dari komoditas produk olahan makanan dan minuman dan juga dihadiri selaku narasumber dari LP POM MUI Jawa timur, Lilik Rahmawati.

Dalam pelaksanaannya, narasumber memaparkan secara detail kepada seluruh peserta yang ada. Mulai dari penyiapan berkas, proses, hingga ke tahapan-tahapan yang harus dilengkapi sampai ke tahap akhir.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Tulungagung Dr. Slamer Sunarto. M.Si, melalui Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro Alim Mustakim, menyampaikan Sosialisasi ini merupakan Program Pemprov Jawa Timur yang berkerjasama dengan Pemkab Tulungagung dalam meningkatkan kualitas produk olahan makanan minuman melalui percepatan sertifikasi halal sebagai upaya dalam mendukung petumbuhan industri makanan dan minuman.

“Ini memang program dari provinsi yang berkolaborasi dengan kita, Tujuannya untuk mengembangkan pelaku usaha kita,” tuturnya.

Lebih Lanjut, pihaknya menjelaskan bahwa Sertifikasi halal merupakan etika bisnis yang sudah seharusnya dijalankan produsen sebagai jaminan halal bagi konsumen.

Selain itu manfaat label halal memberikan nilai tambah dalam keuntungan ekonomis bagi pelaku UMKM

“Adapun manfaat sertifikasi halal meliputi Meningkatkan kepercayaan konsumen, meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan daya saing bisnis. Dengan memiliki sertifikat halal, produk UMKM akan lebih diterima di pasaran, terutama di kalangan konsumen Muslim yang membutuhkan produk halal baik di pasar domestik maupun internasional,” pungkasnya. (Gal/adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.