Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494

Pentingnya Konservasi Ekosistem Nila dan Nilem di Jatiroyom Pemalang

Pemalang – Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang menggelar kegiatan Sosialisasi pembinaan pengelolaan dan pemulihan sumber daya ikan perairan umum di Balai Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh, yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Non Fisik TMMD Reguler 104 Pemalang. Kamis (14/3/2019).

Pembinaan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pentingnya sumber daya ikan sungai, penyelamatannya, tata cara penangkapan yang benar, serta hukum sesuai Perda Kabupaten tentang cara menangkap ikan yang dilarang.

Diungkapkan pemateri, Suyono, SH.Mp, Kabid Pengelolaan dan Penangkapan Ikan, pihaknya memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Jatiroyom (desa sasaran TMMD Kodim 0711 Pemalang) akan pentingnya konservasi ekosistem sungai dalam menjaga kelangsungan sumber daya ikan bagi generasi selanjutnya.

“Kami juga menjelaskan kepada masyarakat agar memahami aturan atau kebijakan serta menghimbau tidak menggunakan setrum dan racun untuk mengeksplor sungai, karena akan mematikan bibit-bibit ikan,” ucapnya.

Dinas Perikanan juga mendorong agar desa membentuk suatu kelompok umum sehingga kedepan lebih mudah dalam hal administrasi pemberian bantuan pemerintah. Ini penting karena sebagian masyarakat Jatiroyom dan sekitarnya bergantung pada hasil tangkapan ikan sungai yang akan dijual atau diolah menjadi makanan lokal Bendung Kaliwadas.

Di akhir kegiatan, juga dilaksanakan penyerahan 20.000 bibit ikan nila dan nilem/nilem mangut atau melem (osteochilus vittatus) secara simbolis kepada desa melalui Ketua Karang Taruna, Koko Widiyanto (36) dan disaksikan Danramil 06 Bodeh Kodim 0711 Pemalang, Kapten Inf. Teguh Wibowo, perangkat desa serta peserta sosialisasi. (Aan Pendim Pemalang).

Rekomendasi
Comments
Loading...