Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Penipuan Berkedok Jual – Beli Online Berhasil Diungkap Satrekrim Polres Pasuruan Kota

Loading...

Pasuruan, Jatim – Satreskrim ( Satuan Reserse Kriminal ) dan Tim Resmob Suropati Polres Pasuruan Kota berhasil mengungkap kasus penipuan online, yang berkedok menjual barang dimedsos ( media sosial ). Pengungkapan kasus tersebut berawal dari laporan korban kepada pihak Kepolisian pada 11 Desember ( kemarin ). Dari hasil penyelidikan dan pengembangan kasus tersebut dalam Konferensi Pers pihak kepolisian berhasil mengungkap dan menangkap tiga pelaku. Konferensi Pers digelar pada Selasa, 17 Desember ( siang ) yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pasuruan Kota AKBP. Dony Alexcander, S.I.K, MH didampingi Kasat Reskrim AKP. Slamet Santoso dan Kabag Humas AKP. Endy Purwanto, SH.

Didalam Konferensi Pers tersebut AKBP. Dony Alexcander, S.I.K, MH menjelaskan cara modus para pelaku melakukan aksinya, ” modus ini dilakukan berawal dari para pelaku memposting barang yang akan dijual melalui medsos Facebook, kemudian disitulah ada komentar – komentar dan dilanjut hubungan melalui telepon seluler. Didalam percakapan telepon seluler para pelaku meyakinkan korban – korbanya agar supaya percaya kepadanya dan meminta untuk melakukan transaksi transfer dp awal ( tanda jadi ) pembelian barang tersebut, namun para korban ini merasa ditipu dan kemudian langsung lapor ke pihak kita “, jelas Kapolres.

Tak hanya itu Kapolres juga menyebutkan pihaknya kini sudah menahan tiga orang pelaku, ” kini kami sudah menahan tiga pelaku yakni R, H dan A semua ini yang beralamatkan Sulawesi Selatan, ketiga pelaku ini melakukan aksinya dengan peran berbeda – beda diantaranya R ini berperan sebagai otak penipuan online, H berperan sebagai yang melakukan komunikasi dan transaksi dan untuk A ini sebagai rekannya yang seakan untuk meyakinkan korban – korbannya. Para pelaku ini sudah melakukannya sejak 2017 lalu, saat ini para pelaku mengatakan sudah berhasil menipu sebanyak 50 korban, namun pihak kita mendapatkan bukti dari handphone ( hp ) pelaku saat ada 100 nomor yang sudah diblokir oleh para pelaku ini “, terangnya.

” ketiga pelaku dan beberapa barang bukti sudah berhasil kita amankan diwilayah Sulawesi Selatan dan dengan berkordinasi dengan Polda Sulawesi Selatan yang mana para pelaku ini tinggal dan kini ketiganya kita tahan diMapolres Pasuruan Kota dan dikenakan pasal 378 yakni terkait dengan penipuan yang ancamannya maksimal 4 tahun kurungan penjara dan pasal 372 yakni tekait dengan penggelapan yang ancamannya juga maksimal 4 tahun kurungan penjara “, tambahnya. (Ri)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.