Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Pengecekan dan Pelipatan Surat Suara Oleh Panitia Disaksikan Langsung Muspika dan Calon Kades

Loading...

Pasuruan – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Gading, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur melakukan pengecekan logistik dan pelipatan surat suara. Pengecekan dan pelipatan surat suara yang dilakukan di Balai Desa Gading pada Sabtu (16/11) disaksikan langsung oleh jajaran Muspika, yakni mulai dari pihak Kecamatan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Calon Kades beserta para saksi dari masing masing calon Kades. 

Diketahui untuk jumlah surat suara yang dibutuhkan berdasarkan daftar pemilih sementara (DPS) 2.347 pemilih, pihak Panitia juga menambahkan surat suara cadangan sebanyak 235 surat suara yang berasal dari jumlah DPS ditambah 10% dan untuk total keseluruhan 2.582 surat suara yang disiapkan oleh panitia sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya untuk kelebihan surat suara yang tidak masuk dalam hitungan, langsung dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar di hadapan Muspika, saksi dan juga Calon Kades.

H. Ahmad Romli selaku Ketua Panitia menjelaskan kepada awak media “kami selaku Pihak Panitia berharap kepada seluruh masyarakat Desa Gading khususnya para calon kades maupun pendukung masing-masing calon untuk memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada panitia, pihak panitia betul-betul melaksanakan tugas dengan transparan dan netral, sehingga pelaksanaan Pilkades Gading ini berjalan dengan sukses, lancar dan aman.

H. Ahmad Romli juga menambahkan, ” kami berharap agar masyarakat Desa Gading turut berpartisipasi untuk menyukseskan pilkades ini dengan lancar, aman dan damai. 

Diselang acara digelar Kapolsek Winongan, AKP Tohari juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kecamatan Winongan agar supaya saling menjaga kondusifitas, ” Saya selaku pihak keamanan berpesan kepada seluruh masyarakat yang berada di Kecamatan Winongan, khususnya untuk para pendukung calon – calon Kades agar supaya saling menjaga kondusifitas, mempunyai rasa persatuan dan kebersamaan, sehingga di dalam pelaksanaan Pilkades ini berjalan dengan lancar, aman dan damai, saya juga berpesan agar supaya masyarakat tidak terpengaruh adanya informasi miring yang berkembang. AKP Tohari juga memastikan bahwa pelaksanaan Pilkades 2019 seluruh wilayah di Winongan kondusif “.

Selanjutnya terkait surat suara dipastikan aman tidak ada masalah, pihak panitia memasukkan surat suara kedalam kotak suara dan digembok sebanyak 3 buah gembok bersegel dan 2 kunci dipegang para calon kades, 1 lagi dipegang oleh pihak panitia dan disaksikan oleh para calon dan pendukungnya masing – masin, lalu kotak suara dibawa ke Kantor Kecamatan Winongan dan dikawal oleh Muspika. (ri)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.