Pengaspalan Jalan TMMD Tegal Menggunakan Tenaga Ahli Pengenceran Aspal

Loading...

Tegal – Pekerjaan pengaspalan Jalan Dukuh Sigerung, Dukuh Sigerung Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, terus dilakukan sejak dimulai 31 Juli 2019 lalu.

Akses penyambung Jalan Usaha Tani (JUT) makadam sepanjang 2,3 kilometer di sebelah barat SDN Jatimulya 03 ini, merupakan over prestasi fisik TMMD Reguler dengan panjang pekerjaan mencapai 130 meter dan lebar 3 meter untuk di aspal. Dinilai banyak kalangan, pekerjaan pembangunan akses transportasi masyarakat ini kualitasnya bagus. Ini karena ditunjang dengan panas wilayah Jatimulya yang sedang mengalami kekeringan.

Dikatakan Pratu Rifqi Fajrin, Satgas TMMD dari Yonzipur 4 Tanpa Kawandya dari Banyubiru, Semarang, pembakaran aspal yang tepat akan memaksimalkan kualitas jalan yang sedang dibangun. Untuk itulah Hartadi (32) tenaga ahli penginciran aspal dari Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, didatangkan untuk membidangi bersamanya.

“Yang perlu dijaga selama proses pengenceran aspal adalah memastikan kobaran api di perapian. Kalau aspal kurang cukup panas maka tidak akan kuat merekatkan agregat jalan,” terangnya.

Sementara dijelaskan Hartadi, bila pemanasan aspal kurang atau terlalu rendah maka akan menghasilkan suatu perkerasan rapuh sehingga jalan nantinya akan cepat terkelupas atau rusak jika mendapatkan beban dari atas. Ter yang terlalu kental menyebabkan tidak mampu menyelimuti batuan secara merata. Pun sebaliknya, kadar aspal yang terlalu cair juga akan menghasilkan suatu perkerasan yang tidak stabil.

“Aspal memiliki daya lekat tinggi serta dapat mengisi rongga antar batuan atau agregat dengan merata jika pembakarannya pas. Pemanasan yang terlalu tinggi juga akan merusak sifat aspal sehingga akan lebih cepat mengeras,” bebernya.

Ditambahkannya, aspal sebaiknya dimasak dalam suhu rendah untuk meminimalisir terjadi keretakan namun tidak menjadi lunak saat suhu jalan tinggi, sehingga akan menghasilkan lapisan keras dengan stabilitas bagus. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

Aksi Dilarang