Pengajuan Tidak Kunjung Direalisasi, Warga Nekat Renovasi Dam Bago Secara Swadaya

Jember- Masyarakat Desa Karangsono serta Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember bersepakat merencanakan perbaikan bendungan air sungai Dam Bago dengan inisiatif biaya sendiri, alias menganggarkan dana swadaya masyarakat secara gotong royong.Jumat, (14/01/21). 

Pasalnya warga sudah tidak sabar menunggu janji-janji dari pemerintah , lantaran sudah sekian lama permohonan perbaikan bendungan Dam Bago yang mereka ajukan hingga saat ini tidak kunjung ada realisasi.

Kepala Desa Karangsono Muhammad Ahrul Fatah menuturkan, perbaikan bendungan secara swadaya gotong royong ini dikarenakan banyaknya desakan dari warga yang ingin segera ada pembenahan bendungan.

“Karena faktor rusaknya palang pintu nomor 1 dan 4 akhirnya air itu mengalir ke pemukiman warga, ” kata Ahrul.

Ia juga tidak mengetahui secara pasti, mengapa pemerintah daerah tidak segera memperbaiki Bendungan tersebut.Padahal saat musim hujan seperti ini wilayah Desa Karangsono maupun Desa Karangduren, dipastikan terkena musibah banjir yang disebabkan imbas rusaknya sejumlah palang pintu Dam Bago.

Contohnya, sambung Dia, bencana banjir pada malam tadi disebabkan kiriman debit air terlalu tinggi yang mengakibatkan warga Dusun Begelenan dan Dusun Krajan tergenangi air hingga setinggi 40 cm.

“Yang harus kita benahi adalah palang pintu di bendungan.Selain itu kita akan mengerahkan warga dan perangkat desa untuk bersama-sama bergotong royong melaksanakan pembersihan sungai dari wilayah Dusun Krajan sampai Dusun Begelenan yang dananya juga dari swadaya masyarakat, ” paparnya.

Rencana ini, terang Ahrul, akan dilaksanakan pada bulan pebruari tahun ini dan kini tinggal menunggu Rencana Anggaran Belanja (RAB) selesai.

“Kalau sampai menunggu lama, kita mengalah dengan swadaya masyarakat dulu, apabila nanti pengajuan kita dilaksanakan gak apa-apa, nanti ditarik saja yang swadaya dimanfaatkan untuk yang lain gitu saja, ” pungkasnya.

Sementara petugas Penjaga Pintu Air Bendungan Dam Bago, Bambang mengatakan, proyek permohonan warga terkait pembangunan perbaikan Bendungan Dam Bago yang kini hendak di laksanakan sendiri oleh masyarakat secara swadaya gotong royong, sebenarnya akan dikerjakan oleh Pemerintah Daerah pada bulan April mendatang.

“Sesuai info dari kantor, bulan 4 rencana ada renovasi.Kalau bulan pebruari mau dikerjakan oleh masyarakat ya monggo.Nanti jika proyeknya turun, ya diambil lagi, ” ungkap Bambang.(Tahrir)

Rekomendasi
Loading...

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.