Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Pengabdian Sang Operator Alat Berat Kodim Brebes di TMMD Kalinusu

Loading...

Brebes – Prajurit TNI sejatinya adalah pasukan tempur yang dibekali kemampuan khusus di medan perang, untuk menjaga dan mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Di masa damai, TNI berupaya berkontribusi membantu Pemerintah dalam memeratakan pembangunan di desa-desa terpencil, terisolir, pulau-pulau terluar, perbatasan, terdampak bencana alam, dan kumuh perkotaan, melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Itu semua dilakukan hanya bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup rakyat Indonesia.

Seperti halnya prajurit dari Kodim 0713 Brebes yang satu ini, yaitu Serma Tarsono.

Mantan anggota kesatuan Yonif 310 Kidang Kencana, Brigif 15 Kujang II, Kodam III Siliwangi ini, ternyata juga mempunyai keahlian khusus yaitu mengoperasionalkan alat berat excavator milik Kodim Brebes, walapun bukan dari kesatuan Zeni Bangunan TNI AD.

“Saya bertugas di TMMD Reguler, Sengkuyung, maupun karya bakti TNI Kodim Brebes di desa-desa di wilayah Kabupaten Brebes, sudah tak terhitung jumlahnya, dan itu merupakan kebanggan bagi saya,” bebernya.

Dijelaskannya lanjut, di TMMD Reguler 109 Brebes yang berlangsung di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini, dirinya bertugas membuka jalan tembus dari Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri, yang selama ini terisolir, sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, sejak awal Pra TMMD atau 15 Agustus 2020 lalu.

“Pelebaran jalan setapak dan pembukaan areal persawahan hibah warga untuk dibuat jalan tembus itu, sudah saya lakukan sejak tanggal 15 Agustus 2020 lalu, atau Pra sampai dengan pembukaan TMMD Reguler, 22 September 2020, selama 39 hari,” sebutnya.

Menurutnya, itu sudah merupakan tugas baginya sebagai prajurit teritorial, namun juga kebahagiaan tersendiri di tugasnya itu karena dapat membantu 100 KK di Dusun Kedung Kandri yang pernah terisolir.

“Kini tugas saya adalah menggali tanah untuk peletakan batu pondasi pembangunan talud di kanan kiri jalan TMMD, sekaligus memadatkan jalan tersebut,” tandasnya.

Itulah salah satu sosok prajurit inspiratif, dimana dirinya akan terus tinggal di Desa Kalinusu, sampai berakhirnya TMMD Reguler, dan akan bersiap bergeser ke kegiatan karya bakti TNI Kodim Brebes lainnya, atau di TMMD Sengkuyung tahap I pada awal tahun 2021 mendatang.

Jika rindukan keluarga, dirinya vidio call atau kelurganya yang berasal dari Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, datang ke Kalinusu. (Rus/Aan/Red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.