Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Pendatang ke Paluta Diminta Ikuti Prosedur Standar yang Ditetapkan

Loading...

Padang Lawas Utara – Jelang Ramadhan dan ‘Idul Fitri 1441 H, Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP M.Si melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Paluta membuat prosedur standar bagi pendatang dari luar kota atau dari luar negeri.

“Kepada saudara-saudara kita yang datang dari luar wilayah ataupun yang dari luar negeri ada beberapa poin prosedur standar yang mesti diikuti,” tulis juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Paluta, Lairar Rusdi Nasution SSTP MM dalam pesan singkatnya, Senin (13/4).

Prosedur standar bagi pendatang ini sebut Lairar disosialisasikan kepada warga Paluta melalui media sosial dan disampaikan kepada jajaran Muspika dan para kepala desa untuk diteruskan kepada warga masing-masing.

Dalam stiker prosedur standar bagi pendatang tersebut antara lain disebutkan kepada pendatang yang masuk untuk tidak langsung mendatangi fasilitas kesehatan atau kepada petugas kesehatan.

Pendatang disarankan untuk berdiam diri di rumah selama 14 hari. Kemudian kepada kerabat pendatang atau anggota keluarganya untuk segera melaporkan kedatangan yang bersangkutan kepada aparat desa atau petugas kesehatan serta menyerahkan data diri.

Bila dalam 14 hari ada keluhan seperti demam dengan suhu badan 37 derajat Celsius, flu dan batuk, nyeri tenggorokan, sesak nafas dan diare agar segera menghubungi aparat setempat atau kepada petugas medis.

Selanjutnya akan dilakukan wawancara melalui telepon seluler oleh petugas medis kepada yang bersangkutan, jika ada indikasi Covid-19 petugas kesehatan akan segera datang ke tempat yang bersangkutan.

“Prosedur standar tersebut kita buat tentunya demi kebaikan kita bersama yakni mencegah penyebaran atau memutus mata rantai persebaran Covid-19 ke wilayah kita (Paluta),” tutup Lairar. (AYH)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.