Terbit : 12 Agustus, 2019 - Jam : 11:15

Pendampingan TNI Tegal Menguntungkan Penjual Buku dan Sekolah di Jatimulya

Loading...

Tegal – Minat membaca anak-anak Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, pasca hadirnya anggota Satgas TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal dan Babinsa setempat, Serda Mursidi, kini meningkat signifikan.

Ini semua tak terlepas dari motivasi yang diberikan TNI di sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat, saat mereka melaksanakan tugas membangun infrastruktur umum selama 30 hari. Ini karena, ratusan anggota Satgas TMMD diwajibkan untuk tinggal dan menumpang di beberapa rumah-rumah penduduk yang telah ditunjuk dan disebut orang tua asuh/angkat.

Desa mendapat pembangunan jalan sepanjang total 3,6 kilometer berupa pengaspalan dan makadam, Budiman (30) penjual buku setempat dari Dukuh Sigerung RT. 02 RW. 01, Jatimulya, juga terbangun ekonominya.

Saat ditanya, Budiman mengaku mendapatkan omset bersih hanya Rp. 30-50 ribu per hari sebelum adanya program pembangunan TNI, namun saat ini mulai bertambah di kisaran angka Rp. 75-90 ribu, dengan catatan banyak bukunya laku.

Dibenarkan Kepala Sekolah TK Pertiwi 26-56 Jatimulya, Nur Hastuti, S.Pd (39), bahwa anak didiknya mulai termotivasi untuk mencinta buku.

“Terima kasih kepada Bapak Babinsa yang terus melakukan bina usia dini dengan memotivasi dan membiasakan anak didik kami membaca. Mereka jadi lebih ingin tahu terutama buku yang bergambar,” ucapnya.

Ditambahkannya, dengan timbulnya kemauan, diharapkan akan muncul kreativitas dan mengasah keterampilan literasinya. Inilah aspek non fisik TMMD Reguler Tegal, yang telah berhasil membangun karakter generasi Jatimulya. (Aan/Red)

Loading...
Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.