Pendaki Meninggal Saat Turun Dari Puncak Cartenz

NusantaraTerkini.Com, Papua – Salah satu pendaki Puncak Cartenz Pyramide Andika Pratama (35) asal Kota Bandung dikabarkan meninggal dunia dalam insiden kejatuhan batu saat melakukan pendakian, Sabtu (3/11/2018).

Jenazah korban baru dapat dievakuasi pada Minggu (4/11/2018) pagi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. A M Kamal dalam keterangannya menyampaikan, setelah mengetahui insiden tersebut sudah dilakukan upaya evakuasi, namun terkendala cuaca buruk sehingga baru dilanjutkan pada Minggu 4 November pagi kemarin.

Dikatakan,salah satu pendaki yang masih berada di Base Camp langsung menghubungi Sofyan yakni rekan korban yang standbye di Timika) melalui Hp satelit.

“Mendapat informasi tersebut, Sofyan selanjutnya melaporkan hal ini dan dilakukan koordinasi dengan Heli Carter jenis Komala di Bandara Moses Kilangin Timika guna mengevakuasi korban,” ujar Kamal.

Setelah evakuasi berhasil dilakukan,
Jenazah Alm. Andika Pratama dibawa ke RSUD Mimika untuk dilakukan pemeriksaan luar oleh petugas medis.

Dari keterangan saksi, insiden ini terjadi Sabtu tanggal 03 November 2018 antara pukul 10.30- 11.30 Wit, di titik pertama pemasangan tali. Yang saat itu tiba-tiba ada batu yang jatuh dan mengenai wajah korban.

“Nah, dalam setiap pendakian biasanya para pendaki melakukan aklimatisasi, dan memang lokasi tersebut dikenal sebagai daerah rawan runtuhan/longsoran,” tambah Kamal.

Dari keterangan medis, korban mengalami luka sobek dan memar di bagian muka. Jenazah juga sudah diterbangkan ke Jakarta dengan pesawat Garuda 655. (FN)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.