Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Pendaftaran dan Pemeriksaan Sunat Gratis Satgas TMMD Reguler Brebes

Loading...

Brebes – Salah satu gebrakan dari Tim Kesehatan (Timkes) Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, adalah memberikan pelayanan khitan gratis dalam rangka HUT TNI ke-75 dan TMMD Reguler, khusus kepada anak-anak Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Tampak Nur Asiyah (25), warga Dukuh Karanganyar RT. 03 RW. 02, Kalinusu, mendatangi Poskotis TMMD yang juga dijadikan sebagai Pos Kesehatan Satgas TMMD, di Lapangan Sepakbola Kalinusu, untuk mendaftarkan anaknya, Irsyad Mulyana Ismail (7). Sabtu (26/09/2020).

Nur Asiyah mengatakan, dirinya mendatangi petugas kesehatan Satgas TMMD karena ada pemberitahuan dari Ketua RT terkait adanya sunat gratis bagi warga Kalinusu.

“Saya datang kemari atas anjuran Ketua RT dan kemauan anak saya Irsyad,” ujarnya.

Ia sangat senang dengan adanya kegiatan non fisik TMMD tersebut, karena memang kondisi ekonominya sedang tidak memungkinkan terkait pandemi covid.

“Sebetulnya Irsyad minta dikhitan sejak dia mau masuk SD, Juli 2020 lalu. Namun, saya memberinya alasan masih masa virus corona, akhirnya Irsyad menurut saja,” imbuhnya.

Sementara itu, Kopka Diliyanto, petugas kesehatan dari Denkesyah 04.04.01 Purwokerto yang diperbantukan sebagai Satgas TMMD, membenarkan adanya anak yang mendaftarkan diri untuk dikhitan.

“Anak tersebut layak untuk dikhitan karena setelah saya periksa ujung penisnya, tidak ada gejala penyakit seperti fimosis/kulup ketat, yang biasa terjadi pada alat kelamin anak,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk eksekusinya akan dilakukan secara door to door terkait pandemi covid, yaitu menghindari adanya kerumunan warga.

“Sebelum pelaksanaan khitan nantinya, rumah pasien terlebih dahulu akan dilakukan sterilisasi berupa penyemprotan disinfektan,” pungkasnya. (Utsm/Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.