Penambahan TKA  Baru Untuk Perusahaan Di Sekadau Sementara Di Stop

Sekadau, Nusantaraterkini.com – Beberapa perusahaan di kabupaten Sekadau yang selama ini mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) terutama di sektor perkebunan sementara dilakukan penghentian proses pelayanan  permohonan  Tenaga Kerja Asing  untuk permohonan baru.

Kebijakan ini menyusul terbitnya Surat Edaran kementerian tenaga kerja lewat Surat Edaran Nomor M/3/HK.04/II/2021 ditandatangani menteri tenaga kerja Ida Fauziyah per tanggal 9 Februari 2021 dengan tujuan kepada kepala dinas di provinsi dan kabupaten yang membidangi tenaga kerja, serta pemberi kerja tenaga kerja asing di Indonesia.

Surat edaran dari kementerian tersebut oleh pemerintah kabupaten Sekadau melalui Kepala Bidang Ketenagakerjaan Tenaga Kerja Dinas DPTSP dan TK dijelaskan  , saat ini proses pelayanan permohonan penambahan TKA dihentikan sementara guna mencegah penyebaran covid – 19.

” Penghentian ini terkecuali Tenaga Kerja Asing di Proyek Strategis Nasional  dan objek vital strategis berdasarkan pertimbangan dan izin tertulis khusus dari kementerian atau lembaga terkait ” terang Basuki Rahmat Kabid.Tenaga Kerja Dinas DPTSP dan TK pada Jumat(5/3/2021) di ruangannya.

Terkait keberadaan TKA di Sekadau dijelaskan , saat ini dominan bekerja pada sektor perkebunan  tercatat di beberapa perusahaan sebanyak 31 TKA, hingga kini masih berada di wilayah kerja masing – masing. Diakui olehnya penambahan TKA dari perusahaan belum ada, kalaupun ada tidak bisa dipenuhi, karena Surat Edaran menteri tenaga kerja .

“Untuk sektor perkebunan dan sejenisnya, kalaupun menggunakan TKA memungkinkan  itu pun harus TKA yang ada di Indonesia, kalau dari luar tidak bisa ” sambungnya.

Penghentian proses pelayanan penambahan TKA ini dijelaskan untuk rentang waktu belum bisa dipastikan bisa kembali dibuka , mengingat pandemi covid – 19 masih terus diberlakukan.(jr)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.