Wartawan Nusantaraterkini Tertulis dalam box redaksi, Hati - Hati dengan Pihak yang mengatas Namakan Nusantaraterkini.com/Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494

Penambahan Lokasi Penyaluran BBM Satu Harga Di Sumatera

Medan, Nusantara Terkini – Mulai tanggal 10 Februari 2019, pukul 00:00 WIB kemarin, waktu setempat maupun wilayah daerah WITA dan WIT, PT. Pertamina (Persero) kembali melaksanakan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM).

Dalam pelaksanaan penyaluran BBM Satu Harga untuk Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), PT. Pertamina (Persero) Bidang Marketing Operation Region (MOR) I, mendapat amanah melaksanakan penambahan lokasi untuk penyaluran BBM Satu Harga secara Nasional.

Dari 125 lokasi lembaga penyaluran BBM Satu Harga, ada 22 lokasi bertambah di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) atau mendapatkan alokasi jumlah lokasi penyaluran terbanyak ketiga selain Kalimantan dan Papua.

Pada tahun ini juga, akan dilakukan penambahan lokasi pada dua lembaga penyaluran BBM Satu Harga di Kepulauan Nias.

Pada periode lalu di Tahun 2017 hingga Tahun 2018, lokasi penyaluran total sebanyak enam lokasi BBM Satu Harga, dan hingga saat ini masih beroperasi. Rata-rata penyaluran sebanyak 400 Kilo Liter (KL) Premium dan 180 KL Solar perbulannya.

“Tantangan yang kita hadapi dalam mewujudkan aksebilitas dan ketersediaan BBM Satu Harga ini ke Wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T), di Sumbagut,” ungkap Agustinus Santanu Basuki, General Manager PT. Pertamina (Persero) MOR I, Senin (11/2/2019) pagi tadi.

Lebih lanjut Santanu menjelaskan, tantangan juga dihadapi dari moda darat dan moda laut. Pada moda darat, ketika melaksanakan penyaluran, medan jalan yang dilewati yang cukup berat dan kondisi keamanan saat dalam perjalanan. Karena itu, sangat dibutuhkan bantuan pengamanan khusus dari TNI/Polri. Untuk moda laut, kondisi cuaca yang ekstrem yang sering kali menjadi tantangan.

“Ketika periode sebelum ada program BBM Satu Harga ini, harga BBM berkisar Rp. 9.000 hingga Rp. 10.000 per liter. Dengan hadirnya program ini, harga BBM berkisar Rp. 6.450 per liter untuk Premium dan Rp. 5.150 per liter untuk Solar,” papar Santanu.

PT. Pertamina (Persero) MOR I, tahun sebelumnya juga telah menyalurkan rata-rata 904 KL Premium dan 865 KL Bio Solar perbulan ke seluruh lokasi wilayah penyaluran BBM Satu Harga di Wilah Sumbagut, meliputi tiga lokasi untuk Provinsi Aceh, lima lokasi untuk Provinsi Sumatera Utara, serta tujuh lokasi untuk Provinsi Kepulauan Riau.

Program BBM Satu Harga ini merupakan komitmen PT. Pertamina (Persero), guna menyediakan BBM yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama di daerah lokasi 3T.

Sesuai amanat UU, terutama UU Migas No. 22 Tahun 2001, dan UU Energi No. 30 Tahun 2007, PT. Pertamina (Persero), mendapat tugas membuka aksebilitas dan ketersediaan serta menyediakan energi yang berkelanjutan.

Sebagai informasi, harga BBM Satu Harga di berbagai wilayah ada perbedaannya, karena ada pemberlakuan Pajak Bahan Bakar Kenderaan Bermotor (PBBKB) yang berbeda di setiap wilayah lokasi penyaluran.

Semua harga BBM sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang mengatur harga BBM jenis Bahan Bakar Minyak Umum sebesar 5% dan maksimal 10% dari harga dasar. (Dharma/red)

Loading...

Loading...

Ruangan komen telah ditutup.