Pemkot Blitar Gelar Upacara Peringatan HUT ke-74 Satpol PP, HUT ke-105 Damkar dan HUT ke-62 Satlinmas

NUSANTARATERKINI, KOTA BLITAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menggelar upacara gelar pasukan dalam rangka HUT ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke-105 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan HUT ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Jumat (08/03/2024).

Upacara yang diselenggarakan di halaman kantor Wali Kota Blitar itu diikuti ASN dilingkup Pemkot Blitar, TNI Polri, Damkar, Satpol PP, Satlinmas dan PMI serta dihadiri jajaran Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Upacara yang dipimpin langsung Wali Kota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd. itu mengusung tema “Peran Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam menciptakan Pemilu dan Pilkada 2024 serta mewujudkan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi”.

Wali Kota Santoso dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian pada Peringatan HUT ke-74 Satpol PP, HUT ke-105 Damkar dan HUT ke-62 Satlinmas tahun 2024.

Disampaikan Santoso, Mendagri menyampaikan apresiasi serta penghargaan kepada seluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan satuan pelindungan masyarakat (Satlinmas) atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini.

“Melalui momentum rangkaian perayaan Hari Jadi Satpol PP dan Satlinmas tahun ini, saya berharap kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah dapat terus ditingkatkan dengan semangat, kompetensi dan profesionalitas yang semakin mumpuni guna menunjang tugas pokok serta fungsi operasional di lapangan.” Jelasnya

Peran Strategis Satpol PP dalam menciptakan situasi yang kondusif telah dibuktikan pada saat pelaksanaan tahapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan legislatif yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu.

“Saya berharap Satpol PP dan Satlinmas dapat bekerja sama dan bersinergi dengan TNI/Polri untuk turut serta menjaga stabilitas keamanan, khususnya pasca pemungutan suara yang berpotensi dapat menimbulkan konflik.

Peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP dan Satlinmas tahun 2024 ini, kita jadikan sebagai refleksi untuk bersikap semakin tegas namun tetap humanis, proaktif dalam mencermati kondisi dan dinamika di wilayah masing – masing dalam rangka menjaga stabilitas ketertiban umum, serta tetap konsisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja.

“Selanjutnya, anggota Satlinmas agar senantiasa proaktif melakukan pengamatan situasi dan kondisi di wilayah tempat tinggal masing-masing dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban umum.” Pungkasnya. (Adv/Kmf)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

You cannot copy content of this page