Pemkab Inhu Optimalkan Realisasi Anggaran 2019

Loading...

Indragiri Hulu – Pemerintah Kabupaten Inhu terus bekerja merealisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja INHU (APBD) 2019 secara optimal, termasuk realisasi dana APBN Pusat.

Hal itu disampaikan oleh plt. Kepala dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupate Indragiri Hulu, Boby Mauliantino ST MT, kepada Nusantara terkini, Jumat (20/11/19).

Dalam pengelolaan Keuangan Inhu, katanya, semua alokasi dana DAK, dan APBN direalisasikan, sebagaimana yang disampaikan oleh banyak pihak hasil musrenbang di daerah-masing. Dana itu, dialokasikan sesuai peruntukan dan karakteristik penerima manfaat.

Dinas Pekerjaan Umum dan penataan Ruang Bidang Air Bersih dan air limbah  Air bersih merupakan salah satu contoh realisasinya.

Berikut perincian pekerjaan disampiakan Kabid (PUPR) Bidang Cipta Karya, Eko Agus Siswanto S.T. Total air bersih yang telah terlayani 344.747 Jiwa (85.33%) dari jumlah penduduk. Program Hibah Air Limbah Setempat (ALS)/ dan Hibah Tangki Septik mencapai target 1.307 Hibah Septik yang terlayani 6.505 Jiwa sudah terpenuhi.

Begitu juga dengan Program Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), skala 50 SR, tambah pekerjaan 39 titik MCK untuk fasilitas sosial dan fasilitas umum Unit dengan total Pelayanani 6.595 Jiwa.

Dinas PUPR menjelaskan Bidang Sumber daya air,P embangunan dan Pemeliharaan Irigasi Jaringan irigasi terdiri dari 22 Daerah Irigasi yakni, rawa dan 2 daerah irigasi, Panjang saluran primer 98.182 meter dan panjang saluran sekunder 31.721 meter dengan luas sawah yang dialiri 3.534 Ha. Pembangunan tajud, sampai saat ini sepanjang 2.713 Meter, fungsi agar dapat mengurangi luas genangan.

Penahan tebing, bidang pembangunan jalan dan jembatan, pembangunan jalan dan pemeliharaan jalan, panjang jalan yang sudah teraspal sepanjang 373,9 km yang tersebar di 14 kecamatan.

Serta panjang jembatan yang dibangun baik kontruksi baja, beton kayu maupun box culvert sebanyak 125 unit yang tersebar di 14 kecamatan seperti Jembatan Trio Amanah, Jembatan Anak Talang, Jembatan Pejangki, Jembatan Pematang Benteng.

Pembangunan gedung Kantor dan pemeliharaan gedung kantor serta penataan ruang terbuka Hijau (RTH). Pembangunan gedung kantor yang dilaksanakan dinas pekerjaan umum dan penataan ruang yang merupakan komitmen Bupati Indragiri Hulu H. Yopi Arianto S. E.

Tujuan tersebut kata Yopi, untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana Aparatur Sipil Negara dalam meningkatkan pelayan terhadap masyarakat seperti, Pemeliharaan kantor camat se Kabupaten Indragiri Hulu, Pemeliharaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rengat, RTH Pematang Reba, RTH Pasir Penyu, Pembangunan Gedung Kantor Bupati, Pembangunan Gedung Arsip dan Gedung lainya. (Holmes Pane)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.