Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Pemerintah Tak Boleh Lengah, Itik Talang Benih Butuh Dukungan

Loading...

Ilustrasi ItikITIK Talang Benih merupakan salah satu rumpun itik lokal Indonesia yang mempunyai sebaran asli geografis di Provinsi Bengkulu, dan telah dibudidayakan secara turun-temurun. Itik Talang Benih sebagai salah satu rumpun itik lokal Indonesia dan sebagai kekayaan sumber daya genetik ternak lokal Indonesia, harus dilindungi dan dilestarikan. Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pertanian 2836/Kpts/LB.430/8/2012 tentang Penetapan Rumpun Itik Talang Benih.

Itik ini merupakan persilangan antara itik Jawa dengan itik lokal yang ada di Kelurahan Talang Benih, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, berpuluhpuluh tahun lalu dan beradaptasi dengan baik di lingkungan tempat hidupnya.

Dinas Perikanan dan Peternakan Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan pengembangan itik varietas lokal daerah itu membutuhkan dukungan sarana dan prasarana.

Kepala Disnakan Rejanglebong, Amrul Eby di Rejanglebong, Minggu (27/3) mengatakan pengembangan itik lokal varietas Talang Benih dengan sistem kluster tersebut sudah memasuki tahun ke tiga dan untuk kelanjutannya membutuhkan dukungan sarana dan prasarana guna mengembangkannya.

“Memasuki tahun ke tiga penangkaran Itik Talang Benih ini membutuhkan sarana dan prasana pendukung berupa balai benih itik atau BBI yang di Rejanglebong sendiri sampai sekarang belum ada,” katanya.

Keberadaan BBI itu sendiri kata dia, selain akan menjadi pusat pengembangan anak itik berfungsi untuk menentukan keaslian Itik Talang Benih, karena pemilahan bibit itik lokal di wilayah itu hanya dilakukan pada kelompok tani yang dibina oleh Bank Indonesia cabang Bengkulu yang akan berakhir dalam waktu dekat ini.

Untuk itu pihaknya akan mengusulkan permintaan bantuan ke Gubernur Bengkulu melalui Bupati Rejanglebong, dengan harapan ini dapat direalisasikan, sehingga keberadaan Itik Talang Benih yang sudah menjadi ikon Provinsi Bengkulu itu dapat menjadi kenyataan.

Varietas Itik Talang Benih adalah itik lokal yang ada di Kelurahan Talang Benih, Kecamatan Curup dan telah menjadi ikon Kabupaten Rejanglebong, dimana proses penangkarannya sejak tiga tahun lalu dengan sumber pembiayaan dari BI cabang Bengkulu.

Itik ini merupakan perkawinan antara itik lokal dengan belibis, itik ini dikenal tahan penyakit dan memiliki kemampuan bertelur hingga 250 butir per tahun.

“Jika pemurnian Itik Talang Benih ini nantinya sudah 100 persen, maka kami yakin ini akan memberikan manfaat yang banyak baik untuk pemenuhan ketersedian telur maupun daging untuk itik yang sudah tidak produktif lagi,” ujarnya (Dj & Ant)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.