Pemerintah Provinsi Bengkulu Gelar Hari Nusantara Tahun 2023

Bengkulu – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Kelautan dan Perikaan (DKP) Provinsi Bengkulu menggelar Hari Nusantara tahun 2023 di halaman kantor DKP Provinsi Bengkulu, Rabu (13/12).

Peringatan Hari Nusantara tahun 2023 dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yang menyentuh masyarakat. Salah satunya Lomba Masak Ikan.

Selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan peralatan, sembako kepada masyarakat serta pembagian ikan secara gratis.

Sebanyak 1500 kilogram (1,5 ton) ikan segar dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang hadir dalam memeriahkan acara Hari Nusantara tersebut.

“Kita memperingati Hari Nusantara dalam suasana yang sangat menyenangkan terutama kita melaksanakan lomba masakan serba ikan antar kabupaten/kota Bengkulu. Kita juga membagikan ikan laut biar masyarakat menikmatinya hasil dari alam Bengkulu, bagi ikan secara gratis. Adapun Ikan yang kita bagikan hari ini 1.5 ton,” tutur Gubenur Rohidin Mersyah, usai membuka acara.

Di samping itu, Gubernur Rohidin mengatakan, untuk mengelola sumber daya kelautan dan perikanan perlu dipersiapkan sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia yang handal.

Untuk itu, Gubernur Rohidin meminta agar DKP Provinsi, kabupaten/kota untuk menyiapkan program penyediaan alat tangkap yang ramah lingkungan serta pelabuhan tangkapan yang layak untuk nelayan.

“Itu menjadi poin yang penting. Untuk itu, tahun ini telah kita bangun Pelabuhan Nusantara Ikan Laut di Kabupaten Seluma dan InsyaAllah tahun 2024 nanti bisa digunakan,” tegasnya.

Bukan itu saja, kata gubernur, juga dibangun pelabuhan di kabupaten Kaur dan Kota Bengkulu, yang dilakukan secara bertahap.

“Selamat Hari Nusantara, semoga semangat kebahagiaan dan semangat maritim. Spirit itu ada di dalam diri kita masing-masing dan masyarakat Bengkulu untuk tetap semangat membangun daerahnya,” demikian sampai Gubernur Rohidin.

Kepala Dinas Kelautan Provinsi Bengkulu Syafriandi mengatakan, pada peringatan Hari Nusantara ini dilaksanakan sinergi untuk wilayah kemaritiman.

“Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa alat tangkap kita sudah ramah lingkungan, tidak ada lagi yang melanggar aturan kecuali memang belum mengurus izin kapal.”

Untuk pembagian ikan gratis kepada masyakarat, jelas Syafriandi, dari DKP Provinsi Bengkulu dan dibantu oleh pengusaha ikan yang ada di Kota Bengkulu dan dibagikan semua kepada masyakarat yang datang.

“Sehingga ikan tadi kita bagikan 1,5 ton untuk masyarakat yang hadir pada hari peringatan Hari Nusantara 2023. Mereka menghormati Hari Nusantara maka kita menghormati mereka dengan membagikan ikan secara gratis,” demikian ujar Syafriandi. (Red/Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.