Pemdes Sukorejo Kulon Salurkan BLT-DD Tahap 3 Periode Maret Tahun Anggaran 2022

Nusantaraterkini.com| Tulungagung – Berdasarkan Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN TA 2022. Dana Desa TA 2022 ditentukan penggunaannya untuk program perlindungan sosial berupa BLT Desa paling sedikit 40%, Program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20%, Dukungan pendanaan penanganan COVID-19 paling sedikit 8%, dari alokasi Dana Desa setiap desa, dan salah satu diantaranya adalah pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dalam hal ini, Pemerintah Desa Sukorejo Kulon Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung menggelar penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT-DD)Tahun 2022 tahap 3 periode bulan maret senilai Rp 300 ribu perbulan kepada Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) bertempat di Balai Desa Sukorejo Kulon, pada Senin, 7 maret 2022.

Turut hadir dalam kegiatan penyaluran bantuan BLT-DD tersebut Kepala Desa Musair S.Sos, perangkat Desa, anggota BPD, Babinsa , Bhabinkamtibmas , serta masyarakat penerimaan manfaat bantuan BLT-DD Tahun Anggaran 2022 maupun pihak terkait lainnya.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan penyaluran BLT-DD di Desa Sukorejo Kulon berlangsung dengan baik dan lancar serta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan ketat sesuai aturan pemerintah.

Kepala Desa Musair S.Sos menyampaikan bahwa, kegiatan penyaluran bantuan Langsung Tunai (BLT) DD merupakan prioritas penggunaan anggaran Dana Desa di tahun 2022 sesuai Perpres Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN TA 2022, yang mana sudah ditetapkan minimal 40% dari jumlah Dana Desa.

Lebih lanjut, penyaluran ini diterimakan pada 128 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang layak sesuai data dan penentuan KPM telah ditetapkan melalui Musyawarah Desa Khusus ( MUSDESUS ) oleh Kelembagaan Desa dan tokoh masyarakat dengan tetap mengedepankan kriteria – kriteria yang sudah ditentukan oleh Pemerintah.

“Penyaluran BLT-DD merupakan prioritas utama sesuai Perpres Nomor 104 Tahun 2021 Tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2022, dan untuk pelaksanaan penentuan KPM BLT DD murni atas dasar musyawarah desar dari kelembagaan dan tokoh masyarakat dengan jumlah penerima 128 KPM”, ucapnya.

Pihaknya juga berharap dengan disalurkannya bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa kiranya dapat membantu masyarakat Desa Sukorejo Kulon yang terdampak sosial-ekonomi akibat pandemi Covid-19 dalam meringankan beban kebutuhan sehari-hari.

“Semoga bisa bermanfaat untuk membantu masyarakat desa Sukorejo Kulon yang terdampak Covid-19 dalam meringankan beban kebutuhan sehari-hari” pungkasnya.(gal)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.