Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Pemdes Pantirejo dan Kesehatan TMMD Reguler Pekalongan Sterilisasi Warga Pulang Merantau

Loading...

Pekalongan – Pemerintah Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, bersama Satgas Kesehatan TMMD Reguler 107 Kodim 0710 Pekalongan, melakukan kembali penyemprotan disinfektan kepada warga Pantirejo yang pulang dari merantau.

Tampak sejumlah warga perantauan yang akan memasuki desa, disemprot di depan gerbang masuk desa. Rabu (25/3/2020).

Dijelaskan Pelda Asmuni, Kepala Tim Kesehatan Lapangan (Keslap) Satgas TMMD, bahwa pihaknya membantu Pemdes setempat dalam pencegahan penularan virus corona/covid-19.

“Kita bersama perangkat desa melakukan penyemprotan cairan desinfektan kepada dua orang warga Dukuh Sutosari, Pantirejo, yang pulang merantau dari Jakarta,” bebernya.

Dikatakannya juga, ini merupakan langkah serius dari pihak desa setempat dalam memerangi wabah yang sangat meresahkan masyarakat Indonesia saat ini.

Smentara disampaikan Kepala Desa Pantirejo, Hamka Nurul Huda, bahwa upaya tersebut adalah berdasarkan hasil kesepakatan dari rapat koordinasi yang sebelumnya digelar oleh Muspika Kesesi di Kantor Kecamatan (22/3).

“Kami memberlakukannya hanya sebagai antisipasi untuk memberikan ketenangan sosial kepada warga setempat yang bermukim,” ucapnya.

Disampaikannya juga, sehari sebelumnya (24/3), penyemprotan juga dilakukan terhadap sejumlah warganya yang pulang merantau dari Semarang dan Jakarta.

Menurutnya juga, apa yang dilakukannya untuk kepentingan orang banyak sehingga tidak bermaksud untuk mendiskriminasi/menyudutkan para tamu yang datang atau warganya yang pulang ke desa.

“Sebelumnya kita berikan penjelasan kepada mereka sebelum disterilisasi. Kita jelaskan juga bahwa anak-anak juga dihimbau untuk sementara tidak keluar dari desa. Saya selaku pimpinan disini, meminta maaf atas ketidaknyamanan ini,” pungkasnya.

Itulah upaya dari pihak desa dan Kesehatan Satgas TMMD Reguler dalam mendukung program Pemerintah yang serius menangani serta mencegah Kejadian Luar Biasa (KLB), dampak dari virus tersebut. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.