Pembangunan Bronjong di Kabupaten Kaur Janggal

NusantaraTerkini.Com, – Penggelontoran dana desa di tahun 2017 yang nilainya tidak sedikit ternyata membuat efektifitas penggunaan dana desa sangat merosot. Dari hasil pantauan NusantaraTerkini.Com ternyata desa Air Jelatang Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur ada kejanggalan pada pembangunan Bronjong yang berlokasi di sekitar jembatan desa.

Nilai pembangunan bronjong ini bersumber dari anggaran dana desa yang digelontorkan oleh dana APBN Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp 426.833.000,- dengan panjang 145 meter dan ketinggian bronjong mencapai 5 tingkat.

Zahwan, Sekretaris Desa Air Jelatang menyampaikan, dana yang dipakai untuk bangun bronjong tahun 2017 sebesar 426.833.000, dengan panjang bronjong 145 meter yang terdiri dari 5 tingkatan. Kejanggalan itu terletak pada penetapan harga satuan bangunan bronjong yang di kategorikan sangat menguras anggaran Dana Desa Air Jelatang. Sebagai perbandingan, proyek pembangunan yang dilaksanakan pemerintah dengan volume yang sama, yakni bernilai anggaran 200 jutaan.

Sekdes Desa Air Jelatang mengatakan, yang membuat RAB dan Gambar Kerja untuk pembangunan sumber dari dana desa 2017 adalah Pendamping Teknis,yakni  Hermanto, dengan tarif 1% dikali pagu anggaran dana desa”. Ungkap sekdes melalui sambungan telepon, Sabtu (10/3/2018). (ynd)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You cannot copy content of this page