Pelantikan PPK Dan PPS Di Kota Bengkulu Ada Yang “Janggal”

NusantaraTerkini.Com, – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kota Bengkulu pada Pemilu Tahun 2019 resmi di lantik. disalah satu hotel yang terletak di Bengkulu. Pelantikan dan pembacaan sumpah langsung dipimpin Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, Darlinsyah, Jumat (9/3/2018).

Namun saat kegiatan berlangsung, salah satu anggota Panwaslu Kota Bengkulu, Sugiarto menemukan hal yang janggal. Sebab dirinya mendapati  satu anggota PPS yang tidak hadir, sementara di dalam buku absen, nama anggota yang berasal dari Kelurahan Lingkar Barat tersebut tertulis hadir.

Disampaikan pihak Panwaslu, seharusnya seluruh anggota PPS maupun PPK wajib di sumpah sebelum melakukan tugasnya untuk menjaga netralitas dan menghindari kecurangan dalam Pilleg dan Pilpres yang akan datang.  “Sebelum melanjutkan acara, panitia tolong mengecek ulang peserta yang hadir pada hari ini. Karna kami menemukan adanya absen yang terisi sedangkan orangnya tidak hadir dalam pelantikan dan Pengucapan Sumpah, pengucapan sumpah ini sifatnya wajib bagi seluruh anggota PPS dan PPK,” ungkapnya.

Sementara dijelaskan Lurah Kelurahan Lingkar Barat, Aidil, seluruh anggotanya hadir, namun salah satu anggotanya yang tidak hadir itu sudah lebih dulu meninggalkan lokasi, sebab orang tua anggota itu sedang dalam keadaan sakit. “Tadi orangnya ada, saya datang kesini untuk mengontrol dan cek warga saya, apa hadir atau tidak, dan terakhir saya lihat beliau hadir, akan tetapi memang dari kemarin orang tua beliau sedang dalam kondisi sakit, mungkin beliau meninggalkan kegiatan pelantikan karna ada hal darurat yang tidak bisa ditinggalkan, nanti juga saya akan konfirmasi terkait hal ini kepada beliau,” sampainya.

Disisi lain, Komisioner KPUD Kota Bengkulu membenarkan temuan tersebut. Dirinya meminta, anggota yang tidak hadir itu agar menyerahkan surat pernyataan dan alasan tidak bisa hadir dalam kegiatan Pelantikan. “Menurut laporan, mereka sakit maka kita akan lantik kembali dan kita lihat waktunya kapan,” pungkasnya. (Nadifa/Cw1)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.