Pelajar SMA Negeri 1 Brebes Terima Edukasi Medsos dan Online Dari TNI

Loading...

Brebes – Edukasi tambahan di beberapa sekolah khususnya di Kabupaten Brebes, kini mulai menerapkan metode atau cara milenial mengikuti era digital. Seperti halnya diberikan kepada puluhan pelajar SMA Negeri 1 Brebes yang tergabung dalam Pendidikan Dasar (Diksar) II Tonsus Garda Sakti Tahun 2019.

Terlihat para murid-murid Paskibra ini diberikan materi tambahan berupa kiat-kiat bermedsos yang bijak, dibawah arahan langsung Serma Ujang Taiyo, SH, Ketua Penerangan Kodim 0713 Brebes di Aula Sekolah. Selasa malam (30/4/2019).

Ujang juga memaparkan dan memandu para murid sekolah tersebut dalam membuat media online berupa blogspot serta cara penulisan rilis maupun pengunggahan foto sesuai kaidah jurnalistik.

Dikatakannya, ”Beginilah sekarang atau jaman now, semua kalangan masyarakat memviralkan semua kegiatannya dengan memanfaatkan media sosial, sehingga memerlukan bimbingan agar tidak memposting atau terjerumus berita hoax,” ucapnya.

Lebih lanjut, hal ini dirasa perlu agar masyarakat khususnya pelajar mampu menyikapi secara internal bagaimana caranya untuk tidak menelan secara mentah berita yang sedang viral di medsos, sehingga dapat membedakan antara berita hoax maupun yang bersifat realitas.

“Saya sebagai TNI satuan teritorial dan bagian publikasi, merasa peduli terhadap generasi yang akan melanjutkan negeri ini ke era keemasan kedepannya, agar tidak mudah terhasut atau diadu domba dengan isu yang belum tentu kebenarannya,” imbuhnya.

Narasumber menggunakan laptop dan smartphone serta layar proyektor untuk menyampaikan materinya yang berdurasi 45 menit. Tak lupa dirinya menekankan agar mengunggah kegiatan-kegiatan yang real dan positif saja.

Sementara disampaikan salah satu siswa senior Tonsus, Willy (17) bahwa, dirinya merasa sangat senang dengan materi pembelajaran medsos bahkan diajarkan cara membuat media online pribadi berupa blogspot sehingga dapat langsung mengunduh berita yang bersifat positif. (Utsm-Aan Pendim Brebes/Red).

Loading...
Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.