Peduli Banjir Wonosari, Komunitas BB Salurkan Bantuan Hasil Donasi Warganet

Jember- Musibah banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten jember saat ini, mengakibatkan ribuan warga terpaksa harus mengungsi ke tempat yang aman,  sebab pemukiman mereka tergenang air.Sabtu, (16/01/21). 

Tidak hanya itu, ratusan rumah mengalami kerusakan, harta benda miliknya hanyut terbawa arus.Mereka menderita kerugian yang tidak sedikit jumlahnya, aktivitas warga juga banyak mengalami kelumpuhan. 

Korban terdampak banjir kini membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari pemerintah maupun warga masyarakat guna  meringankan penderitaan mereka. 

Berawal dari kondisi tersebut, sejumlah anggota komunitas  Berita Balung (BB) Kecamatan Balung Kabupaten Jember tersentuh hatinya untuk bergerak, menuju lokasi bencana banjir Desa Wonosari Kecamatan Tempurejo, untuk menyalurkan sejumlah bantuan. 

Ketua umum BB, Masdar menuturkan, dirinya bersama  anggota BB lainya berangkat pada jumat kemarin dengan membawa satu angkutan kendaraan pikep berisi ratusan nasi bungkus, air mineral dan puluhan karung baju layak pakai. 

Setibanya di sana, lanjut masdar, bantuan yang ia bawa ternyata tidak bisa diserahkan langsung kepada korban terdampak.Hal ini disebabkan tinggi air di lokasi banjir mencapai ketinggian sekitar 2 meter.

“Selain itu perahu yang disediakan petugas sangat minim dan warga lebih memilih tidak mengungsi karena menjaga harta benda di rumah masing-masing, ” kata Masdar. 

Menurut Masdar, bantuan kali ini ia peroleh dari  membuka penggalangan melalui donasi warganet BB serta iuran para anggota BB sendiri.Bantuan tersebut dia serahkan ke posko relawan BPBD dan hanya beberapa saja diberikan langsung kepada warga. 

“Saya berharap pemerintah yang mungkin sampai saat ini ribut dengan kepentingan politik, agar sementara bisa berhenti sejenak fokus untuk membantu warga yang terdampak banjir, ” pesanya. 

Dilaporkan, saat ini wilayah Kecamatan Tempurejo terutama Desa Wonosari menjadi lokasi bencana banjir yang terparah dibanding lokasi lainnya di Kabupaten Jember, dengan jumlah korban terdampak sekitar 525 KK.

Petugas gabungan BPBD Kabupaten Jember terus berusaha melakukan evakuasi warga terdampak ke tempat-tempat pengungsian yang telah disediakan, karena air terus menggenangi rumah warga. (Tahrir)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.