Wartawan Nusantaraterkini Tertulis dalam box redaksi, Hati - Hati dengan Pihak yang mengatas Namakan Nusantaraterkini.com/Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494

PC PPM Padangsidimpuan, Gelar Seminar Anti Narkoba

Nusantara.Terkini.Com, Padangsidimpuan – 
Puluhan anggota PC Pemuda Panca Marga (PPM) Padangsidimpuan bersama NNB (Naposo Nauli Bulung) Kota Padangsidimpaun sangat antusias mendengarkan paparan dari narasumber pada acara seminar anti narkoba yang digelar oleh PC PPM Padangsidimpuan di aula Hotel Via Batunadua, Kecamatan Padangsidimpuan-Batunadua Kota Padangsidimpuan, Senin(14/1/2019).

Salah satu narasumber Kasat Narkoba Polres Padangsidimpuan AKP. Charles J Panjaitan,SH memaparkan tentang jenis-jenis narkotika, obat-obatan terlarang dan bahan berbahaya (narkoba).

Dimana dalam penjelasannya narkoba ada yang berasal dari tanaman seperti ganja, opium, erythoxyion dan ada yang berasal bukan dari tanaman seperti sabu, inex, extasi. Menurutnya selain jenis-jenis tersebut ada juga yang disalah gunakan orang seperti lem.

“Banyak yang sudah kita lihat di depan mata kita sendiri bagaimana efek pengguna narkoba jenis apa pun, ada yang rusak pikirannya sampai gila bahkan sampai mengakibatkan kematian. Untuk itu janganlah sampai diri kita sampai menyentuh narkoba dalam jenis apa pun”tegasnya.

Dijelaskan AKP. Charles J Panjaitan ada jenis narkotika yang digunakan untuk hal-hal tertentu seperti dalam hal dunia medis. Menurut Kasat Narkoba Polres Kota Padangsidimpuan ini narkotika jenis tertentu tersebut, harus sesuai aturan dan tidak lepas dari pengawasan.

“Memang ada jenis-jenis tertentu yang digunakan dalam dunia medis. Tapi peruntukannya tidak terlepas dari aturan dan pengawasan”katanya.

Sementara itu Praktisi Hukum Tris Widodo,SH yang juga salah satu narasumber dalam pemaparannya mengatakan dalam aturan undang-undang yang dibuat oleh pemerintah dalam penyalahgunaan narkotika bukan lagi sebatas bentuk barang yang dijerat dalam hukum pidana, tapi bahan narkotika juga bila dikuasai atau dimiliki seseorang akan terjerat hukum.

“Itu diatur dalam undang-undang No.35 tahun 2009 tentang narkotika”jelasnya.

Ditegaskan Tris Widodo permasalahan narkoba ini bukan lagi permasalahan nasional tapi sudah menjadi permasalahan dunia.

“Kita tahu sendiri sekarang penyalahgunaan narkoba tidak memandang umur, tidak memandang apa pekerjaannya. Jadi tidak tangung-tanggung lagi permasalahan narkoba ini sudah masuk menjadi permasalahan internasional” tegasnya.

Melihat permasalahan narkotika ini dikatakan Tris Widodo, seluruh elemen masyarakat harus berperan dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba.

Di akhir acara Ketua PC.PPM Padangsidimpuan Okto Panda Tambusai berharap kepada para peserta seminar menjadi duta anti narkoba di tengah masyarakat.

“Narkoba itu adalah musuh negara.Untuk itu, jauhi narkoba sayangi nyawa kita dan keluarga kita. Saya harap kepada para peserta yang telah mendapat pengetahuan dari para narasumber menjadi duta anti narkoba di tengah masyarakat. Tutup Okto.(Idham Siregar)

Loading...

Loading...

Ruangan komen telah ditutup.