Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Patut Dicontoh, Semangat Emak-emak Kedung Kandri Bantu Satgas TMMD Brebes

Loading...

Brebes – Luar biasa memang semangat dari sejumlah Ibu-ibu asal Dusun Kedung Kandri, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dengan kesadaran yang tinggi mereka membantu tugas Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, untuk meratakan pasir dan batu (Sirtu) urugan jalan hasil TMMD di ujung dusun mereka. Selasa (6/10/2020).

Dibenarkan Babinsa Kalinusu, Koramil 08 Bumiayu, Sertu Eko Nuhyoto, dengan peralatan berupa cangkul dan senggrong/serok pasir, mereka begitu bersemangat kerja bakti di lokasi pengerasan jalan tersebut, termasuk patuh terdahap protokol kesehatan dengan memakai masker.

“Saya tidak meminta ibu-ibu untuk ikut kerja fisik di pekerjaan fisik TMMD Reguler, karena yang saya kerahkan bersama perangkat desa adalah bapak-bapaknya saja,” ujarnya.

Terkait ucapan Dirgahayu HUT TNI yang ke-75 tahun 2020 ini, beserta doa yang mereka ucapkan, Sertu Eko mewakili seluruh TNI mengucapkan terima kasih.

Mutayanah (43), salah satu warga Dusun Kedung Kandri RT/RW. 01, menyatakan bahwa apa yang mereka lakukan untuk sekedar meringankan pekerjaan Satgas TMMD dan warga laki-laki Kalinusu.

Pasalnya, Satgas TMMD lintas sektoral yang dibantu segenap komponen masyarakat di Kecamatan Bumiayu, telah membebaskan mereka dari keterisoliran seumur TNI, atau 75 tahun.

Sekedar diketahui, kebahagiaan jelas lantara telah adanya jalan tembus sepanjang 2,2 kilometer dengan selebar 4-6 meter, dari desanya Kalinusu menuju dusunnya Kedung Kandri.

Jalan hasil TMMD itu kini membebaskan keterisoliran 100 kepala keluarga Kedung Kandri, sehingga kini mereka hanya perlu 8-10 menit saja untuk sampai ke Kalinusu, dimana sebelumnya mereka harus menyebrang perahu di Kali Pemali, dan melanjutkan perjalanan darat sejauh 8 kilometer (45 menit lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya (Kecamatan Bantarkawung), kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai ke kantor desanya itu.

Kini jalan itu menjadi alternatif untuk mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat, selain di wilayah Kecamatan Bantarkawung. (Aan/Red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.