Pastikan Vaksinasi Lancar, Tim Monev Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Blitar Terjun ke Kecamatan

Blitar – Dalam rangka percepatan penanggulangan Covid-19 dengan kegiatan percepatan vaksinasi, Tim monitoring dan evaluasi (Monev) Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melakukan kegiatannya ke masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar.

Kegiatan yang dimulai pada 4-5 Oktober 2021 itu dibagi menjadi empat (4) tim, yang tersebar di semua Kecamatan di Kabupaten Blitar. Adapun masing-masing tim melibatkan sejumlah OPD Pemkab Blitar dan TNI-Polri.

“Dua hari ini Satgas Kabupaten Blitar monev kegiatan vaksinasi, kebetulan hari ini tim kami melaksanakan monev diwilayah hukum Polres Blitar Kota, yang hari berakhir di kecamatan Sanankulon,” kata salah satu Tim yang juga menjabat sebagai Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kab. Blitar Hendro Pramono usai monev di kantor Kecamatan Sanankulon, Selasa (5/10).

Secara Umum, ia mengungkapkan, masing-masing puskesmas sudah siap dalam rangka percepatan vaksinasi, seperti sumber daya manusianya, termasuk penjadwalan. Meskipun terdapat sedikit kendala, seperti masyarkat menghendaki vaksin sinovac, sedang stoknya sangat minim.

“Sementara untuk vaksin astra masih tersedia, mungkin karena ada kabar hoax, sehingga masyarakat lebih memilih vaksin sinovac. Masing-masing puskesmas juga sudah melakukan edukasi tentang jenis vaksin, selain sinovac, vaksin jenis moderna dan astra juga bagus,” ungkapnya.

Meskipun begitu, pihaknya juga tetap berupaya untuk mengajukan provinsi untuk ketersediaan vaksin jenis sinovac. kemudian untuk jenis vaksin yang lain tetap dimanfaatkan kepada daerah mna yang menerima jenis vaksin tersebut.

“Seperti di Kecamatan Udanawu, pelaksanaan vaksinasi moderna dalam sehari ada beberapa warga yang berkeinginan disuntik vaksin jenis moderna bisa sampai 70 orang, kerna mereka merasakan ketika disuntik vaksin dosis pertama ternyata tidak efeknya,” tambahnya.

Untuk capaian vaksinasi dibeberapa kecamatan yang ia kunjungi, ia mencontohkan di Kecamatan Sanankulon, vaksinasi untuk dosis pertama sudah mencapai sekitar 52%, dan untuk Kabupaten Blitar mencapai 53% lebih. (rid/Kmf/Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.