Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Pasca TMMD Reguler Brebes, Diharapkan Minat Baca Bocah-bocah Kedung Kandri Terjaga

Loading...

Brebes – Dampak positif dari gencarnya motivasi membaca yang dilakukan oleh para Babinsa Kodim 0713 Brebes, di lokasi TMMD Reguler 109 Brebes, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, adalah mulai tumbuhnya minat membaca anak-anak.
Dikemukakan, oleh Pelda Ujang, Ketua Tim Publikasi TMMD Reguler 109 Brebes, di sela-sela kesibukannya menggali potensi pemberitaan di Kalinusu, bahwa koran-koran yang dibagikan dan ditinggalkan di warung-warung warga setempat, adalah upaya mendorong warga dan anak-anak untuk gemar membaca.

“Adanya momen publikasi TMMD Reguler yang disupport dari sejumlah media sosial termasuk cetak, kita sampaikan kepada masyarakat yang diberitakan.Ini juga merupakan bentuk terima kasih atas dukungan mereka,” ungkapnya, Rabu (14/10/2020).

Tampak Wisma (9), murid kelas 3 SDN Kalinusu 03 (kaos biru) dan juga Zidan (10), murid kelas 4 MI Kalinusu, yang merupakan anak-anak Dusun Kedung Kandri RT/RW. 01, Kalinusu, sangat antusias membaca surat kabar di warung di dusunnya itu.

“Alhamdulillah, kemauan membaca mereka mulai terlihat.Kita juga akan mendorong pihak desa setempat untuk segera mengadakan perpustakaan desa, guna mewadahi antusias mereka itu,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Dusun Kedung Kandri, sebelumnya adalah dusun yang terisolir sehingga banyak anak-anak disana yang putus sekolah.Mereka juga harus menyeberangi Kali Pemali dengan perahu untuk keluar dusun mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat yang ada di wilayah kecamatan tetangganya, yaitu Kecamatan Bantarkawung.

Mereka juga harus mengeluarkan ongkos untuk penyeberangan sebesar seribu rupiah per kepala atau Rp. 2 ribu per sepeda kayuh, untuk pulang-pergi ke sekolah.Dan jika Kali Pemali banjir selama beberapa hari, selama itu juga mereka tidak bisa ke sekolah.

Kini dengan adanya jalan TMMD sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter dari dusunnya ke desanya Kalinusu (8-10 menit), diharapkan akan membuat mereka lebih termotivasi untuk minimal lulus SLTA sederajat. (Aan)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.