Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Pasca TMMD Reguler Banyumas, Babinsa Koramil Pekuncen Blusukan Sawah Lagi

Loading...

Banyumas – Selaku Babinsa Koramil 15 Pekuncen, Kodim 0701 Banyumas, tugas pendampingan pertanian Upsus (Upaya Khusus) Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai), kepada para petani sudah menjadi tugas pokoknya dalam membantu pemerintah mensukseskan program swasembada dan ketahanan pangan.

Tampak Serka Eko Budi Wiyono dan Koptu Hasan, sedang membantu panen padi milik Sariyah (80), warga Dukuh Semingkir RT. 01 RW. 03, Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Senin (3/8/2020).

“Kami membantu memanen padi jenis IR 64 di lahan milik Ibu Sariyah seluas 30 are, dengan hasil yang memuaskan,” ujarnya.

Dijelaskannya lanjut, upaya pendampingan program Upsus tersebut, diharapkan menambah motivasi para petani agar lebih maksimal lagi menggarap lahan pasca panen.

Menurutnya juga, itu sebagai sarana Komunikasi Sosial (Komsos).

Sementara disampaikan pemilik lahan, Sariyah, panen kali ini terasa istimewa karena jalan yang dulunya setapak untuk pengangkutan hasil panen, kini sudah diubah menjadi jalan beton selebar 3,75 meter dengan panjang 1,8 kilometer, melalui TMMD Reguler 108 Banyumas.

“Dulu ongkos angkut padi per karungnya adalah Rp. 15-20 ribu untuk sekali jalan dan tergantung jarak. Ini juga berlaku bagi hasil bumi lainnya, yaitu sekali angkut,” jelasnya.

Ditambahkannya, saat ini ongkos angkut panen Rp. 5 ribu per karung, atau warga dapat mengangkutnya sendiri dengan kendaraan bermotor dengan mudahnya, kecuali roda empat yang belum diperbolehkan sampai jalan beton yang juga menuju Obyek Wisata Curug Nangga itu benar-benar kering sempurna. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.